Software Sekolah , Membuat Sinergi Antara Sekolah dan Orang Tua Menjadi Mudah


Suatu pagi yang cerah, Bu INDRI orang tua dari Nia kelas 2 Sekolah Dasar kaget, ketika Nia menunjukkan buku penghubung bahwa hari ini harus membawa pot kecil untuk praktek menanam tanaman bunga. Hari masih pukul 05.30, belum ada toko yang buka, kemana di pagi hari harus mencari pot bunga? Sementara Nia terus merengek nggak mau sekolah kalau tidak membawa pot bunga, takut dimarahi bu Guru.

Kejadian seperti ini seringkali dihadapi orang tua, kadang anak meminta pensil warna, atau perlengkapan belajar lain secara mendadak, karena baru ingat diberi tugas ketika sudah akan berangkat sekolah. Komunikasi antara orang tua dan sekolah disampaikan melalui ucapan atau tulisan pada buku penghubung. Padahal jika komunikasi bisa disampaikan melalui sms ataupun aplikasi mobile maka orang tua bisa mencarikan sembari perjalanan pulang kantor tempatnya bekerja. Sehingga rebut di pagi hari dengan anak karena lemahnya komunikasi tidak lagi menjadi bagian dari ritual pagi.

Untuk memudahkan komunikasi antara orang tua dan pihak sekolah Inosoft, melahirkan system android yang terintegrasi dengan system akademik sekolah yang disebut aplikasi SoftwareSekolah. Pada aplikasi Software Sekolah ini menyediakan sarana sinergi antar kelompok entitas di sekolah untuk memudahkan komunikasi, pengembangan pembiasaan positif untuk menunjang pendidika anak-anak. Hubungan komunikasi dan kerjasama kepala sekolah, guru, orang tua siswa, bahkan siswa sendiri difasilitasi dalam bentuk akses-akses informasi yang terintegrasi di dalam system akademik, pembayaran, dan pengajaran di sekolah.


Data absen kehadiran siswa dikirimkan secara real time melalui sms kepada orang tua, sesampai siswa hadir di ruangan kelas. Selain itu data nilai dan karakteristik kemajuan siswa ditampilkan dalam bentuk grafik dashboard yang mudah dipahami oleh orang tua melalui aplikasi web yang bisa diakses oleh orang tua  melalui computer desktop maupun handphone.

Administrasi guru yang merekam perkembangan hasil belajar siswa terhimpun di dalam halaman-halam website yang variatif. Pengukuran ketercapaian standar, nilai proses belajar, pekerjaan rumah, produk kinerja belajar dalam bentuk hasil tes dan portofolio yang melengkapi data kemajuan belajar siswa  disediakan secara interaktif yang bisa diakses oleh orang tua dimanapun berada.
Sehingga kemajuan dan perkembangan belajar siswa di sekolah dapat diikuti oleh orang tua. Orang tua menjadi lebih peduli dan perhatian kepada anak. Sebagai hasilnya pihak sekolah dan orangtua bisa menjalin kerjasama di dalam mengembangkan potensi anak.

Hal lain yang menarik dan sulit dilakukan tanpa memakai aplikasi Software sekolah adalah pengelolaan  perkembangan siswa dari hari ke hari, kemajuan yang dicapai, dan kemampuan apa yang masih kurang yang perlu diperhatikan oleh orang tua supaya anaknya tidak ketinggalan. Tanpa aplikasi guru akan habis waktunya untuk menulis catatan siswa atau menjawab  telepon dari orang tua.

Didirikan sejak 2006, aplikasi software sekolah sampai sekarang sudah memiliki member siswa sekolah hampir 40.000, dengan jumlah sekolah yang tergabung sebanyak 200 – an sekolah di seluruh Indonesia. Aplikasi ini menyediakan dua layanan utama yakni :
  • Parent Access Unit, sebuah portal khusus bagi orang tua dimana mereka bisa mengakses, memonitoring anaknya di sekolah, membaca materi yang sedang diajarkan di sekolah, mengirimkan pesan ke guru, dan melihat performa belajar teman-teman di kelasnya sebagai perbandingan.
  • School Access Unit, sebuah portal khusus untuk guru dimana mereka dapat menyiapkan tugas, memasukkan nilai, melihat perkembangan siswa, dan mengirimkan feedback  hasil pembelajaran ke orang tua.

Saat ini untuk menunjang layanan yang diberikan, aplikasi software sekolah beroperasi dalam 24 jam dengan dukungan support system yang membantu proses kustomisasi dan kebutuhan yang ada di sekolah. Jika ada orang tua atau sekolah yang tertarik aplikasi software sekolah bisa hubungi 0822 3089 9432 (Fajar Baskoro).

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »