PBKK - Membuat aplikasi dengan Google App Maker


App Maker adalah antarmuka WYSIWYG ("apa yang Anda lihat adalah apa yang Anda dapatkan") untuk membuat aplikasi web. Anda dapat menyesuaikan aplikasi dengan skrip dan CSS, serta terintegrasi dengan layanan G Suite melalui API-nya.
App Maker adalah sebuah layanan baru untuk membuat kustom aplikasi sesuai dengan kebutuhan perusahaan yang minim bahasa pemrogaman (coding) serta memiliki tampilan user interface yang friendly.

App Maker memudahkan pengguna untuk membuat aplikasi dengan sistem drag and drop yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan unik perusahaan menggunakan script, HTML, CSS, JavaScript, dan konten JQuery. Anda juga dapat memonitor penggunaannya melalui Google Analytics pada saat aplikasi sudah live.

Kemudahan dalam membuat aplikasi ini akan sangat berguna bahkan bagi orang selain pekerja developer IT yang awam teknis pemrogaman.

AppMaker kini dapat digunakan untuk keperluan umum.  Tujuan utamanya adalah mempermudah tim untuk membuat aplikasi khusus untuk mempercepat alur kerja dan membuat proses lebih baik. Aplikasi ini sudah termasuk dalam G Suite Business dan Enterprise, serta G Suite for Education.

Terhubung ke banyak layanan Google

App Maker menawarkan dukungan bawaan untuk Cloud SQL, menawarkan kinerja tinggi, skalabilitas, dan kenyamanan. AppM aker juga mendukung model Bring Your Own Database (“BYODB”).

APP Maker juga terhubung dengan banyak layanan Google seperti  Gmail, Kalender, atau Spreadsheet, App Maker membuatnya mudah terhubung dengan data dan layanan yang Anda butuhkan dan secara bersamaan membuat aplikasi Anda jadi lebih kuat. Selain itu, Anda dapat menggunakan Skrip Aplikasi untuk mengakses lebih dari 40 layanan Google, Google Cloud Platform, dan layanan pihak ketiga lainnya yang mendukung JDBC dan REST.



Referensi

  1. https://developers.google.com/appmaker/tutorials?hl=id
  2. https://developers.google.com/appmaker/tutorials/hello-appmaker?hl=id
  3. https://developers.google.com/appmaker/getting-started/app-development-overview?hl=id
  4. https://blog.eikontechnology.com/membuat-aplikasi-di-g-suite-sesuai-keinginan-dengan-app-maker/
  5. https://cloud.google.com/appengine/


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 komentar

komentar
April 7, 2020 at 3:18 AM delete This comment has been removed by the author.
avatar
April 7, 2020 at 3:21 AM delete

Nama : Naulia Adam Kuncoro
Nrp :05111740000155
Kelas :PBKK - B
Link Blog : FRAMEWORK GOOGLE

Reply
avatar