MPPL-2019-Manajemen Resiko

Manajemen risiko pada proyek meliputi langkah memahami dan mengidentifikasi masalah potensial yang mungkin terjadi, mengevaluasi, memonitoring dan menangani risiko. Manajemen risiko yang proaktif artinya menjawab bagaimana orang secara aktif berusaha mengurangi risiko serta memperbaiki tingkat probabilitas keberhasilan pelaksanaan proyek.

Risiko merupakan kombinasi dari kemungkinan suatu kejadian dan akiat dari kejadian tersebut dengan tidak menutup kemungkinan bahwa ada lebih dari satu akibat yang mungkin terjadi untuk satu kejadian tertentu. Pada umumnya risiko dipandang daru perspektif negatif, seperti kehilangan, bahaya, kerugian, kegagalan dan lain sebagainya. Hal-hal tersebut pada prinsipnya merupakan bentuk ketidak pastian yang mestinya dipahami dan dikelola secara efektif sehingga dapat menjadi nilai tambah bagi organisasi.



Per definisi risiko merupakan suatu kesempatan atau peluang yang secara matematis dapat diformulasikan sebagai berikut:

Risk exposure = Risk Likelihood x Risk Impact

Risk likelihood adalah probabilitas terjadinya suatu peristiwa yang dikuantifisir menjadi angka probabilitas, risk impact adalah dampak dari peristiwa tersebut yang biasanya diukur dengan satuan moneter misalnya rupiah, sedang tingkat kepentingan risiko disebut risk exposure, yang dalam analisis biaya-manfaat akan mencerminkan besarnya biaya. Risk exposure inilah yang nantinya akan diperbandiongkan dengan risk exposure suatu pekerjaan lainnya dan menjadi acuan bagi orang untuk memilih pekerjaan mana yang akan dilakukan.



Jenis-Jenis Risiko


Menurut IRM (2002), ada setidaknya 4 jenis risiko yang selama ini sudah dikenal orang, yakni:

  1. Risiko Operasional, yakni risiko yang berhubungan dengan operasional organisasi, antra lain misalnya risiko yang mencakup sistem organisasi, proses kerja, teknologi dan sumber daya manusia.
  2. Risiko Finansial, yakni risiko yang berdampak pada kinerja keuangan organisasi seperti kejadian risiko akibat dari fluktuasi mata uang, tingkt suku bunga termasuk risiko pemeberian kredit, likuiditas da kondisi pasar.
  3. Hazard Risk, yaitu risiko yang terkait dengan kecelakaan fisik seperti kerusakan karena kebakaran, gempa bumi, ancaman fisik dll
  4. Risiko stratejik, yaitu risiko yang ada hubungannya dengan strategi perusahaan, politik, ekonomi, hukum. Risiko ini juga terkait dengan reputasi kepemimpinan organisasi dan perubahan selera pelanggan.

Manajemen Risiko Proyek

Secara umum, tujuan manajemen risiko yang utama adalah mencegah atau meminimisasi pengaruh yang tidak baik akibat kejadian yang tidak terduga melalui penghindaran risiko atau persiapan rencana kontingensi yang berkaitan dengan risiko tersebut. Dalam manajemen proyek risiko proyek adalah suatu peristiwa atau kondisi yang tidak pasti, dan jika terjadi mempunyai pengaruh positif atau bisa juga negatif pada tujuan proyek. Suatu risiko mempunyai sebab dan bila terjadi akan membawa dampak, oleh karena itu risiko dapat dinyatakan sebagai fungsi dari kemungkinan dan dampak.

Lebih jauh, dalam konteks manajemen proyek, manajemen risiko proyek dipahami sebagai seni dan ilmu untuk mengidentifikasi, menganalisis dan merespon risiko selama umur proyek dan tetap menjamin tercapainya tujuan proyek… Manajemen risiko proyek yang baik akan mampu memperbaiki tingkat keberhasilan proyek secara signifikan. Bagaimanapun, manajemen risiko proyek akan memberikan suatu pengaruh positif dalam hal memilih proyek, menentukan lingkup proyek, membuat jadwal yang realistis dan estimasi biaya yang baik.

Ada tiga hal yang perlu diperhatikan dalam manajemen risiko proyek yakni:


  1. Identifikasi, analisis dan penilaian risiko di awal proyek secara sistematis serta mengembangkan rencana untuk mengantisipasi risiko.
  2. Mengalokasikan tanggungjawab kepada pihak yang paling sesuai untuk mengelola risiko
  3. Memastikan bahwa biaya penanganan risiko adalah cukup kecil dibanding nilai proyek. Artinya bahwa biaya yang diperlukan untuk mengurangi dampak negatif dari suatu risiko realatif lebih rendah atau sama dengan besaran manfaat dari terhindarnya/ berkurangnya risiko tersebut.

Ketidakpastian Risiko


Pengambilan keputusan secara umum bisa masuk ke dalam tiga kategori, yaitu


  1. Pengambilan keputusan dalam kondisi pasti. Yang dimaksud di sini adalah bahwa dalam kondisi pasti, artinya semua informasi tentang suatu peristiwa dapat ditentukan dengan pasti sehingga hasil setiap keputusan dapat diketahui dengan pasti pula. Perbandingan dari berbagai alternatif keputusan dapat dilakukan secara langsung karena semua informasi terkait alternatif keputusan dapat diketahui dengan pasti
  2. Pengambilan keputusan di bawah risiko. Artinya bahwa bahwa keputusan diambil dengan kondisi tersedianya informasi yang pasti tentang kemungkinan dan dampak sehingga nilai harapan dapat diketahui.
  3. Pengambilan keputusan dalam ketidakpastian. Artinya keputusan diambil dengan kondisi dimana informasi tentang kemungkinan dan dampak tidak dapat diperoleh sehingga orang tidak dapat memperkirakan apapun tntang kemungkinan-keumngkinan.

Proses Manajemen Risiko

Proses manajemen risiko memberikan gambaran kepada kita bahwa untuk mengelola risiko ada beberapa tahapan yakni:

1. Perencanaan Manajemen Risiko.
Perencanaan meliputi langkah memutuskan bagaimana mendekati dan merencanakan kegiatan manajemen risiko untuk sebuah proyek. Dengan mempertimbangkan lingkup proyek, rencana manajemen proyek, faktor lingkungan perusahaan, maka tim proyek dapat mendiskusikan dan menganalisis aktivitas manajemen risiko untuk proyek-proyek tertentu.

Untuk membuat perencanan manajemen risiko, ada bebrapa hal yang diperlukan yakni

  • Project Charter, yakni dokumen yang dikeluarkan oleh manajemen senior yang secara formal menyatakan adanya suatu proyek. Dokumen ini memberi otorisasi kepada manajer proyek untuk menggunakan sumberdaya organisasi untuk melaksanakan aktivitas proyek.
  • Kebijakan manajemen risiko,
  • Susunan peran dan tanggung jawab
  • Toleransi stakeholder terhadap risiko
  • Tamplate untuk rencana manajemen risiko organisasi
  • Work Breakdown Structure (WBS)
Output dari perencanaan manajemen risiko adalah Risk Management Plan yang berisi:

  • Metodologi yang menguraikan definisi alat, pendekatan, sumber data yang mungkin digunakan dalam manajemen risiko proyek tertentu
  • Peran dan Tanggung Jawab yang menguraikan tanggung jawab dan peran utama serta pendukung berikut keanggotaan tim manajemen risiko untuk setiap tindakan
  • Budget yang berisi rencana anggaran untuk manajemen risiko proyek
  • Waktu yang berisi rencana waktu pelaksanaan proses manajemen risiko di sepanjang siklus proyek
  • Scoring dan Intepretasi yang menguraikan metode skoring dan intepretasi yang sesuai tipe dan waktu analisis risiko kualitatif maupun kuantitatif.

2. Identifikasi Risiko
Sebagai suatu rangkaian proses, identifikasi risiko dimulai dengan memahami apa sebenarnya yang disebut sebagai risiko. Berikutnya adalah pendefinisian risiko yang mungkin mempengaruhi tingkat keberhasilan proyek dan mendokumentasikan karakteristik dari tiap-tiap risiko dengan melakukan Hasil utama dari langkah ini adalah risk register.

Identifikasi risiko dapat dilakukan dengan analisis sumber risiko dan analisis masalah Analisis sumber risiko yaitu analisis risiko dengan melihat darimana risiko berasal. Ada tiga sumber risiko yang sudah banyak dikenal yakni Risiko internal yakni risiko yang bersumber dari internal organisasi yang dapat dikategorikan dalam non technical risk (manusia, material, keuangan) dan technical risk (disain, konstruksi dan operasi). Analisis masalah adalah analisis risiko yang terkait dengan kekawatiran/ rasa khawatir.

Untuk dapat mengidentifikasi risiko setidaknya ada empat metode yang digunakan, yakni


  • Identifikasi risiko berdasarkan tujuan Yaitu risiko diidentifikasi berdasarkan sejauh mana suatu peristiwa dapat membahayakan pencapaian tujuan secara perbagian atau secara keseluruhan pekerjaan proyek.
  • Identifikasi Risiko berdasarkan Skenario. Yakni risiko diidentifikasi berdasarkan skenario yang dibuat berdasarkan perkiraan terjadinya sebuah peristiwa.
  • Identifikasi risiko berdasarkan Taksonomi. Yakni risiko dibreakdown berdasarkan sumber risiko dengan menggunakan pengetahuan praktik yang ada melalui daftar pertanyaan yang telah disusun yang jawabannya akan menunjukkan risiko yang ada.
  • Common risk check. Yakni risiko yang sudah biasa terjadi didaftar dan dilakukan pemilihan mana risiko yang sesuai dengan proyek yang sedang dikerjakan.

3. Analisis Risiko Kualitatif
Analisis kualitatif salam manajemen risiko adalah proses menilai dampak dan kemungkinan risko yang sudah diidentifikasi. Proses ini dilakukan dengan menyusun risiko berdasarkan dampaknya terhadap tujuan proyek. Analisis ini merupakan cara prioritisasi risiko sehingga membentuk gambaran risiko yang harus mendapat perhatian khusus dan cara merespon risiko tersebut seandainya terjadi.

4. Analisis Risiko Kuantitatif
Analisis risiko secara kuantitatif merupakan metode untuk mengidentifikasi risiko kemungkinan kegagalan sistem dan memprediksi besarnya kerugian. Analisis ini dilakukan dengan mengaplikasikan formula matematis yang dikaitkan dengan nilai finansial. Secara matematis penghitungan risiko dilajkukan dengan mengalikan tingkat kemungkinan kejadian dengan dampak yang ditimbulkan. Hasil analisis ini dapat digunakan untuk mengambil langkah strategis dalam mengatasi risiko yang teridentifikasi… Meskipun analisis kuantitatif ini menggunakan pendekatan matematis, namun pada prinsipnya analsisi ini merupakan tindak lanjut yang mengikuti hasil analisis kualitatif. Kesulitan utama dalam analisis risiko kuantitatif adalah pada saat menentukan tingkat kemungkinan karena data-data statistik belum tentu tersedia untuk semua peristiwa.

5. Penanganan Risiko
Penangan risiko diartikan sebagai proses yang dilakukan untuk meminimalisasi tingkat risiko yang dihadapi sampai pada batas yang dapat diterima. Sacra kuantitatif, upaya meminimalisasi risiko dilakukan dengan menerapkan langkah-langkah yang diarahkan pada turunnya angka hasil ukur yang diperoleh dari analisis risiko. Meskipun dalam penanganan risiko dapat dilakukan dengan satu atau lebih cara yang diaplikasikan secara bersamaan atau simultan misalnya mengurangi risiko sekaligus mengalihkan risiko, namun secara umum, teknik yang digunakan untuk menangani risiko dikelompokkan menjadi beberapa kategori, yaitu

Menghindari risiko yakni dengan tidak melakukan aktivitas yang beresiko dan memilih melakukan kegiatan yang tidak memiliki risiko.
Mitigasi/ Reduksi/ Mengurangi risiko yakni dengan melakukan tindakan untuk mengurangi peluang terjadinya peristiwa yang tidak diharap. Misalnya dengan memilih orang-orang yang kompeten untuk dipekerjakan di proyek.
Menerima risiko yakni tetap melakukan pekerjaan yang mengandung risiko dengan tidak melakukan perubahan apapun namun menyiapkan rencana kontingensi jika risiko terjadi.
Tranfer Risiko yakni dengan mengalihkan risiko ke pihak lain misalnya dengan membeli asuransi.

Sumber :

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

72 komentar

komentar
November 9, 2019 at 5:30 AM delete

Nama: Azzam Jihad Ulhaq
Kelas: MPPL-C 2019
Link Blog: Link Tugas

Reply
avatar
November 9, 2019 at 5:39 AM delete

Nama: Bagas Yanuar Sudrajad
Kelas: MPPL-C 2019
Link Blog: Link Tugas

Reply
avatar
November 9, 2019 at 7:17 AM delete

Nama: Yovi Agustian
NRP : 05111740000125
Kelas: MPPL-C 2019
Link Blog: Link Tugas

Reply
avatar
November 14, 2019 at 3:44 AM delete

Kelas : MPPL-C

Anggota :
1. 05111740000072 Ammar Dwi Anwari
2. 05111740000158 Sudrajad Hadi Saputra
3. 05111740000138 Ahmad Naufal Hakim Lubis

Link : Tugas 10

Reply
avatar
November 15, 2019 at 11:49 PM delete

Kelas: MPPL-C

Anggota kelompok:
1. Adnan Erlangga Raharja (05111740000100)
2. Salsha Armenia Amosea (05111740000142)
3. Hayu Ajeng Radriyantami (05111740000151)

Link: Link Tugas

Reply
avatar
December 1, 2019 at 8:30 AM delete

Kelas: MPPL-C

Anggota kelompok:
1. Bobbi Aditya (05111740000099)
2. Jeremy Vijay w. (05111740000062)

link: Link Tugas

Reply
avatar
December 1, 2019 at 9:01 AM delete

Kelas : MPPL - C

05111740000100 Adnan Erlangga R
05111740000142 Salsha Armenia A
05111740000151 Hayu Ajeng R

link :
Link Blogspot

Reply
avatar
December 1, 2019 at 10:38 AM delete

Kelas : MPPL - C

Anggota:
05111740000181 - Akwila Feliciano P
05111740000028 - Setya Wibawa
05111740000041 - Patrick Sungkharisma

Link: Tugas 12

Reply
avatar
December 1, 2019 at 11:34 AM delete

Kelas : MPPL - C

Nama : Ersad Ahmad Ishlahuddin
NRP : 05111740000016
Nama : Safhira Maharani
NRP : 05111740000027
Nama : Nur Muhammad H. Habib Y.
NRP : 05111740000094

Link : Manajemen Resiko

Reply
avatar
December 1, 2019 at 1:15 PM delete

Kelas : MPPL-C

Anggota:
05111740000017 - Shintya Rezky Rahmayanti
05111740000024 - Mohammad Rizaldi H P
05111740000030 - Kholisotul Amaliah

Link : Link Tugas

Reply
avatar
December 2, 2019 at 3:03 AM delete

Kelas : MPPL-C

Anggota :
1. 05111740000072 Ammar Dwi Anwari
2. 05111740000158 Sudrajad Hadi Saputra
3. 05111740000138 Ahmad Naufal Hakim Lubis

Link : Tugas 11

Reply
avatar
December 9, 2019 at 6:45 AM delete This comment has been removed by the author.
avatar
December 10, 2019 at 8:30 AM delete

Kelas: MPPL-C

Anggota:
Honesta Swandaru - 05111640000055
Muhammad Naufal Refaldi - 05111740000097
Raehan - 05111740000154

Link:Link

Reply
avatar
December 11, 2019 at 11:33 PM delete

Kelas : MPPL-C

Anggota :
1. 05111740000029 Ananta Dwi Prasetya Purna Yuda
2. 05111740000101 Andhika Yoga Perdana
3. 05111740000106 Muhammad Fawwaz Zuhdan Nauvali

Link : Manajemen Resiko

Reply
avatar
December 15, 2019 at 5:11 PM delete

TUGAS 11 - MPPL
Manajemen Resiko
Nama : Bastian Farandy
NRP : 05111740000190
Kelas : MPPL C

Nama : Samuel Marcellinus
NRP : 05111740000134
Kelas : MPPL C

Nama : Raja Permata Boy
NRP : 05111740000070
Kelas : MPPL C

Link

Reply
avatar
December 15, 2019 at 8:14 PM delete

ama : Kurniawan Adji S NRP : 05111640000142
Nama : Chrisnady Anggaiswara NRP : 05111640000153
Nama : Muhammad Irfan S.R.W NRP : 05111640000156
tugas

Reply
avatar
December 16, 2019 at 5:30 AM delete

Nama : Muh. Shafwatallah Wahid
NRP : 05111740007002
Kelas : MPPL-c

Link :Manajemen Resiko

Reply
avatar
December 10, 2021 at 5:08 PM delete

Nama: Ahmad Syafiq Aqil Wafi
NRP: 05111940000089
Kelas: MPPL A 2021

Link: Manajemen Risiko

Reply
avatar
December 10, 2021 at 9:44 PM delete

Anggota Kelompok :
Muhammad Arif Faizin - 05111940000060
Aji Wahyu Admaja Utama - 05111940000073

Kelas: MPPL A 2021

Link: Manajemen Risiko

Reply
avatar
December 13, 2021 at 4:06 AM delete

Anggota kelompok :
1. Julietta Anastasia Rodiah Boru Panjaitan (05111940000033)
2. Yusuf Anfasya (05111940000077)

Kelas : MPPL A 2021
Link : Manajemen Resiko

Reply
avatar
December 13, 2021 at 5:17 AM delete

Kelompok : 17
Anggota Kelompok :

Nama : Fitrah Arie Ramadhan
NRP : 05111940000025

Nama : Ryan Fernaldy
NRP : 05111940000152

Kelas : MPPL A
Tahun : 2021
Link : Tugas Pembuatan Manajemen Risiko

Reply
avatar
December 13, 2021 at 7:40 AM delete

Anggota Kelompok :
Aimar Wibowo - 05111940000034
Johnivan Aldo Sudiono - 05111940000051

Kelas : MPPL A 2021
Link Tugas : Manajemen Resiko

Reply
avatar
December 13, 2021 at 7:46 AM delete

Anggota Kelompok:
Ricky Supriyanto - 05111940000036
Arvel Gavrilla Raissananda - 05111940000040
Raihan Alifianto - 05111940000213

Kelas: MPPL A
Link Tugas: MPPL ASIK

Reply
avatar
December 13, 2021 at 7:52 AM delete

Anggota Kelompok:
Ricky Supriyanto - 05111940000036
Arvel Gavrilla Raissananda - 05111940000040
Raihan Alifianto - 05111940000213

Kelas: MPPL A
Link Tugas: LINK

Reply
avatar
December 13, 2021 at 4:32 PM delete

Anggota Kelompok :
1. Julietta Anastasia Rodiah Br Panjaitan - 05111940000033
2. Yusuf Anfasya - 05111940000077

Kelas : MPPL A 2021

Link : Manejemen Resiko

Reply
avatar
December 13, 2021 at 5:15 PM delete This comment has been removed by the author.
avatar
December 13, 2021 at 10:30 PM delete

Anggota Kelompok :
Aimar Wibowo - 05111940000034
Johnivan Aldo Sudiono - 05111940000051

Kelas : MPPL A 2021
Link Tugas : https://intip.in/Tugas12MPPL

Reply
avatar
December 14, 2021 at 3:08 AM delete

Anggota Kelompok:

Nama : Alfarabi Muzli
NRP : 05111940000039

Nama : Husnan
NRP : 05111940007002

Link tugas : Manajemen Risiko

Reply
avatar
December 14, 2021 at 6:25 AM delete

Nama: Zydhan Linnar Putra
NRP: 05111940000118
Kelas: MPPL A 2021

Link: Manajemen Risiko

Reply
avatar
December 14, 2021 at 9:33 AM delete

Anggota Kelompok :
Alfarabi Muzli - 05111940000039
Husnan - 05111940007002

Kelas : MPPL A 2021
Link : Manajemen Resiko

Reply
avatar
December 17, 2021 at 12:46 AM delete

Nama : Naufal Fajar Imani
NRP : 05111940000007
Kelas : MPPL A
Link : Tugas 12

Reply
avatar
December 19, 2021 at 4:54 AM delete This comment has been removed by the author.
avatar
December 19, 2021 at 5:26 AM delete

Anggota Kelompok :
Andika Nugrahanto - 05111940000031
Muhammad Raihan - 05111940000100
Arkan Aulia Farhan - 05111940000128

Kelas : MPPL A 2021
Link : Manajemen Resiko

Reply
avatar
December 20, 2021 at 2:49 AM delete

Anggota Kelompok:
Ricky Supriyanto - 05111940000036
Arvel Gavrilla Raissananda - 05111940000040
Raihan Alifianto - 05111940000213

Kelas: MPPL A
Link Tugas: Manajemen Resiko

Reply
avatar
December 20, 2021 at 4:44 AM delete

Nama: Stefanus Albert Kosim
NRP: 05111940000096
Kelas: MPPL A 2021
Link: Tugas 12

Reply
avatar
December 20, 2021 at 8:03 AM delete

Kelompok : 3
Anggota Kelompok :

Rafid Ferdianto (05111840000032)
excel deo cornelius (05111840000117)

Kelas : MPPL A
Tahun : 2021
Link : Manajemen Resiko

Reply
avatar
December 20, 2021 at 9:03 AM delete

Nama : Nabil Fikri Arief
NRP : 05111940000086
Kelas : MPPL A 2021

Link : Tugas 12

Reply
avatar
December 20, 2021 at 2:28 PM delete

Nama: Bagaskoro Kuncoro Ardi
NRP: 05111940000048
Kelas: MPPL A
Link: Tugas 12

Reply
avatar
December 20, 2021 at 5:14 PM delete

Anggota Kelompok :

Hanifa Fauziah - 05111940000024
Fitrah Mutiara - 05111940000126
Inez Yulia Amanda - 05111940000208

Kelas : MPPL A
Tahun : 2021
Link : Manajemen Resiko

Reply
avatar
December 21, 2021 at 8:25 PM delete

Anggota :
Nugroho Dimas A - 05111840000075
Achmad Sofyan P - 05111840000061
Kelas : MPPL A
Link : Manajemen Risiko

Reply
avatar
December 23, 2021 at 11:43 PM delete

Anggota Kelompok :
Titian Pamungkas Anjasmara (05111940000046)
Daffa Amanullah Setyawan (05111940000071)

Kelas : MPPL A 2021
Link : Link

Reply
avatar
December 30, 2021 at 6:25 PM delete

Anggota Kelompok :

Hanifa Fauziah - 05111940000024
Fitrah Mutiara - 05111940000126
Inez Yulia Amanda - 05111940000208

Kelas : MPPL A
Tahun : 2021
Link : Manajemen Risiko

Reply
avatar
December 30, 2021 at 6:53 PM delete

Anggota Kelompok :
Zulfiqar Fauzul Akbar (05111940000101)
Mohammad Tauchid (05111940000136)

Kelas : MPPL A 2021
Link : Blog

Reply
avatar
December 30, 2021 at 7:08 PM delete

Anggota kelompok:
Muhammad nur abdurrauf 05111940000140
Syamil difaul haq sukur 05111940000196

Kelas: MPPL A 2021
Link: Manajemen Resiko

Reply
avatar
December 12, 2022 at 2:15 AM delete

Tugas: Manajemen Risiko
Kelas: MPPL B
Tahun: 2022
Nama : Florentino Benedictus
NRP : 5025201222
Link : Tugas 10 - Manajemen Risiko

Reply
avatar
December 12, 2022 at 7:32 AM delete

Tugas : Manajemen Risiko
Nama : Rahmat Faris Akbar
NRP: 5025201003
Kelas : MPPL-B 2022
Link : Blog

Reply
avatar
December 12, 2022 at 8:51 AM delete

Tugas : Manajemen Risiko
Nama: Frederick Wijayadi Susilo
NRP: 5025201111
Kelas : MPPL-B 2022
Link : Tugas 9

Reply
avatar
December 12, 2022 at 9:09 AM delete

Tugas : Manajemen Risiko
Nama: Ghifari Astaudi'U
NRP: 05111940000012
Kelas : MPPL-B 2022
Link : link tugas

Reply
avatar
December 12, 2022 at 11:57 AM delete This comment has been removed by the author.
avatar
December 12, 2022 at 11:59 AM delete

Tugas : Manajemen Risiko
Nama: I Putu Bagus Adhi Pradana
NRP: 5025201010
Kelas : MPPL-B 2022
Link : Tugas 10

Reply
avatar
December 12, 2022 at 3:50 PM delete

Tugas : Manajemen Risiko
Kelas : MPPL B
Tahun : 2022
Nama : Dawamul Fikri Aqil
NRP : 5025201025
Link : Tugas 10 - Manajemen Resiko

Reply
avatar
December 13, 2022 at 5:30 PM delete

Tugas: Manajemen Risiko
Kelas: MPPL B
Tahun: 2022
Nama : Gery Febrian Setyara
NRP : 5025201151
Link : Tugas 10

Reply
avatar
December 14, 2022 at 1:52 AM delete

Tugas : Manajemen Risiko
Nama : Naufal Ariq Putra Yosyam
Nrp : 5025201112
kelas : MPPL B
Link : Link

Reply
avatar
December 14, 2022 at 6:29 AM delete

Tugas : Manajemen Resiko
Nama : Zunia Aswaroh
Nrp : 5025201058
Kelas : MPPL B
Link : Tugas 10

Reply
avatar
December 14, 2022 at 4:58 PM delete

Tugas : Manajemen Resiko
Nama : Fian Awamiry Maulana
Nrp : 5025201035
Kelas : MPPL B
Link : Link Tugas

Reply
avatar
December 15, 2022 at 6:59 AM delete

Manajemen Risiko
Nama : Muhammad Amin
NRP : 5025201251
Kelas : MPPL - B - 2022
Link BLog

Reply
avatar
December 15, 2022 at 10:12 PM delete

Nama: Gloria Dyah Pramesti
NRP: 5025201033
Kelas: MPPL B

Link Blog

Reply
avatar
December 17, 2022 at 3:26 AM delete

Nama : Adifa Widyadhani Chanda D
NRP : 5025201013
Kelas : MPPL B
Tahun : 2022
Link : Blog

Reply
avatar
December 17, 2022 at 4:20 AM delete This comment has been removed by the author.
avatar
December 17, 2022 at 4:22 AM delete

Tugas : Manajemen Resiko
Nama : Ahmad Hafizh Assa'ad
Nrp : 5025201106
Kelas : MPPL B 2022
Link : Blog

Reply
avatar
December 18, 2022 at 7:36 PM delete

Nama: Muhammad Daffa Aldriantama
NRP: 5025201177
Kelas: MPPL B

Link Blogspot

Reply
avatar
December 18, 2022 at 8:09 PM delete This comment has been removed by the author.
avatar
December 18, 2022 at 8:23 PM delete


Nama: Tegar Ganang Satrio Priambodo
NRP: 5025201002
Kelas: MPPL B
Link: blog

Reply
avatar
December 19, 2022 at 7:35 AM delete

Nama : Wina Tungmiharja
NRP : 5025201242
Kelas : MPPL B
Link : Link Tugas

Reply
avatar
December 19, 2022 at 8:45 PM delete

Nama : Kurnia Cahya Febryanto
NRP : 5025201073
Kelas : MPPL B
Tahun : 2022

Link Blog : Blog

Reply
avatar
December 19, 2022 at 8:48 PM delete

Nama : Hansen Idden
NRP : 5025201100
Kelas : MPPL B
Tahun : 2022

Link : Link Blog

Reply
avatar
December 20, 2022 at 8:59 AM delete

Nama : Syamil Hibban Ahmad
NRP : 05111840000041
Kelas : MPPL B
Tahun : 2022

Link

Reply
avatar
December 20, 2022 at 11:48 PM delete

Nama: Mohammad Fadhil Rasyidin Parinduri
NRP: 5025201131
Kelas: MPPL B
Tahun: 2022

Link: Link Blog

Reply
avatar
December 21, 2022 at 12:20 AM delete

Nama: Marsa Aushaf Rafi
NRP: 05111940000220
Kelas: MPPL B
Tahun: 2022

Link: link blog

Reply
avatar
December 21, 2022 at 2:26 AM delete

Nama: Samuel Berkat Hulu
NRP: 5025201055
Kelas: MPPL B
Tahun: 2022
Link : Link Tugas

Reply
avatar
December 21, 2022 at 3:29 PM delete

Nama: Ichlasul Hasanat
NRP: 5025201091
Kelas: MPPL B
Tahun: 2022

Link : Blog

Reply
avatar