APSI-Evaluasi Akhir Semester 2019

Studi Kasus

Industri Kecil Menengah (IKM) Tas Tanggulangin INTAKO berlokasi di desa Tanggulangin Sidoarjo dan telah berdiri sejak 1976. IKM ini berhasil membangun sebuah bisnis tas yang cukup besar bahkan berhasil melalui krisis moneter 1998. Menurut pemilik IKM tersebut, Iskandar, krisis moneter 1998 justru menguntungkan bagi IKM-nya, karena  orang-orang cenderung untuk membeli barang yang murah dengan kualitas yang bagus, dan hal itu bisa diperoleh di IKM-nya.

IKM Tas Tanggulangin memberikan pelayanan yang baik kepada para pelanggannya, antara lain dengan memberikan garansi tas selamanya, jadi bila tas yang mereka beli  mengalami kerusakan, IKM menyediakan fasilitas untuk memperbaiki tas tersebut.

Selain itu mereka memberikan kelebihan dari segi harga yang bersaing, kualitas jahitan yang bagus, dan desain tas yang menarik, sesuai dengan trend pasar saat ini.


Pelayanan kepada para pelanggan juga dilakukan dengan memberikan diskon, yaitu sebesar 20%. Keluhan yang diajukan oleh pelanggan selama ini biasanya adalah bila ada barang-barang yang rusak, seperti kancing terlepas, dan lain sebagainya, dan untuk barangbarang seperti itu maka akan diberikan pelayanan perbaikan oleh IKM. 

Sedangkan keluhan sehubungan dengan jumlah pesanan, tidak pernah terjadi arena IKM selalu memperhitungkan jumlah order dengan kemampuan produksi, dan dalam seminggu biasanya IKM bisa memproduksi 40-50 lusin, dengan menggunakan 20 mesin. Sementara sehubungan dengan media yang digunakan untuk penyampaian keluhan pelanggan biasanya dilakukan secara langsung dengan mendatangi show room IKM, tidak ada media khusus untuk penyampaian keluhan pelanggan. 

Selama ini pelanggan bila ingin melakukan pemesanan, biasanya bisa melalui telepon, bila pesanan tersebut adalah re-order, atau datang langsung.

Untuk meningkatkan penjualan IKM INTAKO ini ingin membuat sistem informasi layanan pelanggan atau disebut juga CRM-Customer Relationship Management.

Untuk itu mereka membutuhkan Desain atau Rancangan Sistem beserta Prototipe aplikasi
  1. Perancangan model dasar sistem informasi CRM Untuk IKM Tas Tanggulangin Sidoarjo
  2. Perancangan proses,
  3. Perancangan data, 
  4. Perancangan antarmuka 
Menu untuk layanan Pelanggan


Menu untuk Pemilik Industri Tas INTAKO



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »