Paket Aplikasi Sekolah

PAS atau Paket Aplikasi Sekolah, akhir-akhir ini semakin akrab didengar, semakin banyak yang tahu dan semakin banyak pula yang menggunakannya dan memang itulah salah satu tujuan pemerintah, untuk memperbaiki sistem administrasi sekolah sehingga dikemudian hari memungkinkan kolek datanya dengan satu standart sistem administrasi sekolah (PAS).

PAS yang beredar saat artikel ini saya tulis versi 4.011 sudah jauh lebih sempurna dibanding versi-versi terdahulunya, mulai dari PAS-SMA v2.001 hingga PAS-SMA v4.011 terdapat 13x update yang telah dilakukan, sehingga implementasi PAS saat ini jauh lebih mudah dibanding versi terdahulu. Namun demikian terdapat beberapa point yang tidak boleh ditinggalkan sehingga implementasi PAS dapat berjalan lebih mudah dan lancar sesuai dengan yang diharapkan.

Berikut beberapa tips, agar implementasi PAS berjalan dengan mudah dan lancar :

* Baca dokumen panduan PAS sebelum implementasinya (minimal baca Quick Reference)
Dokumentasi PAS tergolong sangat lengkap sekali dan kalau di cetak bisa menjadi beberapa buku dengan ketebalan yang cukup membuat orang jadi ngatuk dulu sebelum mebacanya :) Untuk itu saya ingin memberikan tips bagian mana yang minimal harus dibaca, yang lainnya bisa dipelajari berikutnya sambil jalan. Yang terpenting adalah dokumen 07 PAS-Quick Reference.pdf (13 halaman) terutama pada bagian Regional Setting. Setting ini wajib hukumnya bagi PAS sebab kesalahan setting ini dapat berdampak pada keseluruhan proses implementasi PAS terutama untuk entrian sistem penilaian, sistem keuangan dan sistem import data

http://nanangars.wordpress.com/2008/12/23/panduan-implementasi-pas-agar-mudah-dan-lancar/

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »