UWP - Universal Windows Platform

UWP kepanjangan dari “Universal Windows Platform.” UWP adalah teknologi pengembangan framework NET yang memudahkan developer membuat aplikasi yang bisa berjalan di beberapa perangkat seperti PC Windows, tablet, dan smartphone.  Beberapa aplikasi UWP dapat berjalan pada jenis perangkat keras Microsoft lainnya termasuk Xbox, HoloLens, dan perangkat IoT.

UWP menyediakan platform umum bagi pengembang untuk membangun aplikasi untuk berbagai jenis perangkat keras. UWP berjalan pada platform Windows 10 dan Windows 11. Versi Windows di bawahnya belum bisa menggunakan UWP.

Universal Windows Platform API mencakup berbagai library, fungsi, dan elemen antarmuka pengguna yang dapat diintegrasikan ke dalam aplikasi mereka. Dengan memasukkan beberapa tipe Devicefamily dalam aplikasi UWP, pengembang dapat menyesuaikan antarmuka aplikasi untuk beberapa jenis perangkat.

Microsoft Visual Studio IDE akan mengkompilasi kode sebagai aplikasi UWP jika Windows.universal diatur sebagai keluarga perangkat target.

UWP dan Microsoft Store Ketika Microsoft Store (sebelumnya Windows Store) diluncurkan pada 2012, pengembang hanya dapat mengirimkan aplikasi UWP.

Program yang dibangun di atas platform sebelumnya, Windows Forms dan WPF seperti itu, tidak diizinkan.

Untuk memperluas jangkauan aplikasi yang tersedia di toko, Microsoft kemudian membuat “Desktop Bridge,” yang memungkinkan pengembang untuk mengemas aplikasi non-UWP untuk Microsoft Store.

Catatan: UWP diperkenalkan dengan Windows 10 dan tidak kompatibel ke belakang.

Oleh karena itu, aplikasi UWP hanya akan berjalan pada PC yang menjalankan Windows 10 dan yang lebih baru, serta perangkat yang didukung lainnya.




Fitur aplikasi UWP

Aplikasi UWP adalah:

  • Aman: Aplikasi UWP mendeklarasikan sumber daya perangkat dan data mana yang mereka akses. Pengguna harus mengotorisasi akses tersebut.
  • Dapat menggunakan API umum di semua perangkat yang menjalankan Windows.
  • Mampu menggunakan kemampuan khusus perangkat dan mengadaptasi UI ke ukuran layar perangkat, resolusi, dan DPI yang berbeda.
  • Tersedia dari Microsoft Store di semua perangkat (atau hanya yang Anda tentukan) yang berjalan pada Windows 10 atau Windows 11. Microsoft Store menyediakan beberapa cara untuk menghasilkan uang di aplikasi Anda.
  • Dapat dipasang dan dihapus instalasinya tanpa risiko pada mesin atau menimbulkan "mesin membusuk".
  • Menarik: gunakan petak peta langsung, pemberitahuan push, dan aktivitas pengguna yang berinteraksi dengan Windows Timeline dan Cortana's Pick Up Where I Left Off, untuk melibatkan pengguna.
  • Dapat diprogram dalam C#, C++, Visual Basic, dan JavaScript. Untuk UI, gunakan WinUI, XAML, HTML, atau DirectX.







Absensi



Latihan



Monitoring

Form

Hasil 

Referensi 


Video Tutorial

Aplikasi Media Capture dengan NET

Panduan untuk membuat aplikasi Windows yang menggunakan kamera atau mikrofon untuk mengambil foto, video, atau audio.

Media Capture
  • Menggunakan tombol kamera perangkat keras pada perangkat yang memilikinya
  • Menangani orientasi perangkat dan layar
  • Menggunakan profil kamera untuk menentukan kemampuan perangkat
  • Mengatur format, resolusi, dan kecepatan bingkai video yang diambil
  • Menggunakan AdvancedPhotoCapture untuk mengambil foto HDR atau rendah cahaya
  • Menggunakan VideoDeviceController untuk mengakses kontrol kamera manual seperti pencahayaan, keseimbangan putih, fokus otomatis, dan lampu kilat
  • Menggunakan efek saat mengambil video
  • Menangkap urutan foto
  • Menggunakan MediaFrameReader untuk mendapatkan aliran bingkai dari satu atau beberapa kamera, termasuk kamera rgb, inframerah, dan kedalaman
  • Mendapatkan bingkai dari aliran pratinjau







Monitoring Kelas

Referensi 


Absensi