APSI-5-Tahapan Analisa Sistem Informasi

Pengertian Analisa dan Perancangan Sistem

Analisa sistem didefinisikan sebagai bagaimana memahami dan menspesifikasi dengan detail apa yang harus dilakukan oleh sistem. Sedangkan sistem desain diartikan sebagai menjelaskan dengan detail bagaimana bagian-bagian dari sistem informasi diimplementasikan. Sehingga Analisa dan desain sistem informasi (ANSI) bisa didefinisikan sebagai: Proses organisasional kompleks dimana sistem informasi berbasis komputer diimplementasikan. Sehingga bisa diringkas sebagai berikut:
  • Analysis: mendefinisikan masalah 
  • From requirements to specification
  • Design: memecahkan masalah
  • From specification to implementation
Secara singkat berdasarkan pendekatan ANSI, seorang sistem
analis adalah orang yang bertugas:
  • ƒ Bagaimana membangun sistem informasi
  • ƒ Bagaimana menganalisa kebutuhan dari sistem informasi
  • ƒ Bagaimana merancang sebuah Sistem Informasi berbasis komputer
  • ƒ Bagaimana memecahkan masalah dalam organisasi melalui sistem informasi 

Metodologi pengembangan Sistem

Proses-proses standard yang digunakan untuk membangun suatu sistem informasi meliputi langkah-langkah berikut ini:
  • Analisa
  • Desain
  • Implementasi
  • Maintenance
Pada perkembangannya, proses-propses standar tadi dituangkan dalam satu metode yang dikenal dengan nama Systems Development Life Cycle (SDLC) yang merupakan metodologi umum dalam pengembangan sistem yang menandai kemajuan dari usaha analisa dan desain.

SDLC meliputi fase-fase sebagai berikut:
1. Identifikasi dan seleksi proyek
2. Inisiasi dan perencanaan proyek
3. Analisa
4. Desain
  • Desain logikal
  • Desain Fisikal
5. Implementasi
6. Maintenance

Tahapan Analisa Sistem Informasi

Dalam tahapan ini dideskripsikan sistem yang sedang berjalan, masalah dan kesempatan didefinisikan, dan rekomendasi umum untuk bagaimana memperbaiki, meningkatkan atau mengganti sistem yang sedang berjalan diusulkan. Tujuan utama dari fase analisis adalah untuk memahami dan mendokumentasikan kebutuhan bisnis (business need) dan persyaratan proses dari sistem baru.

Ada 6 aktifitas utama dalam fase ini:
o Pengumpulan informasi
o Mendefinisikan sistem requirement
o Membangun prototype untuk menemukan requirement
o Memprioritaskan requirement
o Menyusun dan mengevaluasi alternatif
o Mereview requiremen dengan pihak manajemen



Absensi


Video 







Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

komentar
June 9, 2023 at 9:54 AM delete This comment has been removed by the author.
avatar