Prototype SIN - IP Versi 6

JAwa Pos, Sabtu, 28 Juli 2007,
Smart Card Siap Diluncurkan

SURABAYA - Langkah besar Surabaya agar menjadi smart city atau kota pintar dimulai. Bentuknya peluncuran smart card identification number (SCIN) pada 10 Agustus mendatang di Techno Park, Kebun Bibit. Kemarin, pakar teknologi informasi (TI) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Fajar Baskoro menunjukkan prototipe SCIN.

Fajar menjelaskan, SCIN adalah kartu pintar multifungsi. Sebagai identitas atau tanda pengenal, pembayaran, serta komunikasi. "Termasuk membayar sekolah dan menikmati fasilitas Techno Park," katanya. Saat ini telah dibuat sekitar 100 SCIN. Mereka yang telah terverifikasi dapat langsung mengantongi SCIN.

Selain di Kebun Bibit, SCIN siap dioperasikan di tiga titik lain, yakni ITS, Bagian Bina Program, dan Dinas Pendidikan. Selanjutnya, SCIN siap pula dioperasikan di lingkup Dinas Pertamanan.

Untuk mendapatkan SCIN, masyarakat cukup datang ke kantor pos terdekat dan membeli kartu syar’i dari Bank Muamalat seharga nilai yang dipilih. Pembeli akan diberi semacam formulir mengenai data diri. Data pembeli lantas dikirim ke pusat data lewat pesan pendek (SMS). Pesan pendek akan dibalas dengan informasi tempat pengambilan SCIN.

Ada empat jenis isian SCIN. Yakni kelas A (Rp 750 ribu), kelas B (Rp 300 ribu), kelas C (Rp 150 ribu), dan kelas D (Rp 15 ribu). Nominal tersebut dapat dipakai langsung di titik-titik yang telah memiliki SCIN reader.

SCIN juga dapat digunakan untuk menikmati pelajaran di Techno Park. Mulai bulan depan, Kebun Bibit siap disambangi setiap hari sebagai pusat TI. Berbagai pelatihan TI siap dinikmati masyarakat. Telah disediakan sebuah ruang, mirip kelas, yang dilengkapi dengan proyektor dan layar. Kelas terbuka di beberapa area Kebun Bibit juga akan dipakai sebagai tempat diskusi teknologi. "Mahasiswa akan bergiliran datang memberikan pengajaran," kata pria asal Blitar itu.

Techno park bakal terbuka bagi para pengusaha kecil atau mereka yang bergerak di koperasi. Diungkapkan Fajar, mereka akan mendapatkan pengajaran khusus mengenai e-commerce agar mampu bertransaksi lewat internet.(ara)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »