PWEB - HTML Tabel

Dulu sekitar tahun 2000-an sebelum standar CSS diterapkan pada setiap web browser, kebanyakan para web developer menggunakan tabel untuk mengatur tata letak sebuah halaman web. Namun untuk sekarang setelah adanya CSS, penerapan table HTML untuk layout tampilan halaman web sudah tidak disarankan kembali. Kamu sangat disarankan untuk menggunakan CSS saat mengatur tampilan halaman web.

Umumnya saat kamu menampilkan suatu data yang terstruktur dari database, kamu akan menampilkannya dalam bentuk tabel bukan? HTML sebagai bahasa markup telah menyediakan elemen table yang bisa digunakan saat kamu ingin membuat tabel. 




Tabel pada dasarnya digunakan untuk mengelompokkan suatu data secara terstruktur yang terdiri dari baris, kolom dan sel. Baris, kolom dan sel pada suatu tabel ini sangat membantu dalam melihat informasi keterkaitan di dalamnya.






Memahami Elemen HTML dalam Membuat Tabel

Ketika kamu membuat tabel dengan HTML ada beberapa tag atau elemen HTML yang harus kamu ketahui. Akan tetapi pada dasarnya kamu sudah bisa membuat tabel dengan hanya menggunakan 3 elemen HTML berikut :
  • Elemen <table> digunakan untuk mendefinisikan pembuatan tabel
  • Elemen <tr> digunakan untuk mendefinisikan pembuatan baris pada tabel
  • Elemen <td> digunakan untuk membuat kolom atau sel di setiap baris pada tabel
Seiring dengan perkembangan dan kebutuhan akan tabel, HTML juga menyediakan elemen-elemen opsional lain dalam pembuatan tabel seperti berikut :
  • Elemen <th> digunakan untuk mendefinisikan header di dalam tabel
  • Elemen <thead> digunakan untuk membungkus konten bagian judul atau kepala tabel
  • Elemen <tbody> digunakan untuk membungkus konten bagian isi atau tubuh dari tabel
  • Elemen <tfoot> digunakan untuk membungkus konten bagian kaki atau bawah dari tabel

Latihan




Referensi :



Absensi




Kelas M






Share this

Related Posts

Previous
Next Post »