MPPL-2019-Manajemen Komunikasi

Manajemen Komunikasi Proyek termasuk proses yang diperlukan untuk memastikan bahwa informasi dalam proyek dibuat dengan tepat dan cepat, baik dalam segi pengumpulan, diseminasi, penyimpanan, dan disposisi. Hal ini menciptakan hubungan yang penting antara orang-orang, ide, dan informasi yang diperlukan supaya proyek berakhir dengan kesuksesan. 

Manajemen komunikasi proyek dibutuhkan untuk mensosialisasikan kebijakan-kebijakan pengembangan proyek, hasil-hasil kerja proyek, dan melakukan kooordinasi dan komunikasi dengan seluruh pemangku kepentingan. Manajemen Komunikasi  menjelaskan proses-proses yang dibutuhkan untuk dapat dipastikan agar informasi proyek dapat dikumpulkan, disusun, disebar, dan disimpan.

Terdiri dari perencanaan komunikasi, distribusi informasi, pelaporan kinerja, dan penyelesaian administratif. Beberapa tools dan teknik dapat dimanfaatkan untuk komunikasi yang efektif, antara lain jejaring sosial, template-template yang diperlukan untuk komunikasi proyek, misalnya : template berita acara rapat, template untuk undangan, template untuk progress report, dll. 

Perlu dibakukan juga teknis dan format komunikasi, misalnya : cara melakukan rapat, cara melaporkan perkembangan proyek, dll. Selain itu perlu dilakukan juga pengendalian dan evaluasi pelaksanaan komunikasi proyek.

Kompetensi komunikasi sama dengan kemampuan seseorang dalam berkomunikasi. Meskipun setiap hari orang berkomunikasi, tetapi jarang orang yang tahu sejauh mana efektivitas komunikasi kita, baik secara individual, sosial, maupun secara profesional.Kompetensi sendiri memiliki pengertian kemampuan seseorang yang meliputi keterampilan, pengetahuan, dan sikap dalam melakukan sesuatu kegiatan atau pekerjaan tertentu sesuai dengan standar-standar yang telah ditetapkan.Kata kunci dari kompetensi adalah kemampuan yang sesuai standar.Sedangkan kompetensi komunikasi memiliki pengertian kemampuan yang meliputi pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang sesuai dalam mengelola pertukaran pesan verbal dan non-verbal berdasarkan patokan-patokan tertentu.

Adapun komponen-komponen kompetensi komunikasi digambarkan dalam skema berikut:
Knowledge (pengetahuan) + Skills (keterampilan) + Attitude (sikap) = Communication Competency

Tahapan Manajemen Komunikasi
  1. Perencanaan Komunikasi (Communication Planning)
  2. Distribusi Informasi
  3. Pelaporan Kinerja
  4. Mengelola stakeholders

1. Perencanaan Komunikasi (Communication Planning)

Mendefinisikan kebutuhan komunikasi dan informasi di antara stakeholder sebuah proyek. Proses ini biasanya terjadi sebagai bagian dari Grup Proses Perencanaan. Perencanaan komunikasi merupakan proses yang sangat penting dalam proyek, mengingat seringnya kegagalan proyek terkait dengan kegagalan komunikasi. 

Perencanaan komunikasi atau communication plan yang terdapat pada proyek  dibagi menjadi dua yaitu secara internal dan eksternal. 

Untuk komunikasi eksternal dilakukan kepada stakeholder pada proyek ini antara lain komunikasi kepada owner, subkontraktor, supplier, serta pihak terkait lainnya seperti karyawan ataupun pemakai proyek.Bentuk komunikasi eksternal yang digunakan antara lain adalah rapat, laporan, memo, dan lain-lain.

Untuk komunikasi internal dilakukan kepada anggota yang terdapat dalam organisasi proyek.Bentuk komunikasi internal dibagi menjadi tiga, yang pertama adalah formal atau tidak formalnya komunikasi. Untuk komunikasi formal dilakukan melalui rapat dan laporan, sedangkan untuk komunikasi yang tidak formal dilakukan dengan memo serta media telekomunikasi elektronik seperti handphone (telepon genggam) dan email (surat elektronik). 

Bentuk komunikasi internal yang kedua adalah tertulis atau tidak tertulisnya komunikasi. Untuk komunikasi tertulis dapat berupa memo atau surat pemberitahuan, sedangkan untuk komunikasi tidak tertulis adalah bentuk komunikasi yang langsung dilakukan kepada pihak terkait (tatap muka) tanpa pemberitahuan sebelumnya. Dan bentuk komunikasi internal yang ketiga adalah komunikasi dilakukan secara vertikal atau horizontal.Untuk komunikasi vertikal merupakan instruksi seperti komunikasi project manager (PM) kepada Analis atau Desainer, sedangkan untuk komunikasi horizontal merupakan koordinasi seperti komunikasi quality control (QC) dengan Programmer.

Rencana manajemen komunikasi adalah dokumen yang berisi arahan/tuntunan cara berkomunikasi dalam suatu proyek. Informasi yang terkandung dalam Rencana Manajemen Komunikasi (Communication Management Plan ), antar lain :

  1. Kebutuhan-kebutuhan komunikasi stakeholders
  2. Informasi yang akan dikomunikasikan, termasuk formatnya, isinya dan level detailnya
  3. Orang yang bertanggung jawab untuk memberikan informasi yang dimaksud
  4. Orang yang harus menerima informasi yang dimaksud
  5. Frekuensi/jadwal untuk menghasilkan informasi,misalkan mingguan, tiap tanggal 1, dst
  6. Metoda untuk mendapatkan informasi, seperti memo, email, telepon, dsb
  7. Metoda untuk memperbaharui rencana manajemen komunikasi sejalan dengan kemajuan dan pembangunan proyek
  8. Metoda untuk menyelesaikan masalah yang tidak dapat diselesaikan di level bawah
  9. Daftar istilah/terminology

2. Distribusi Informasi

Proses yang dilakukan untuk menjamin terpenuhinya kebutuhan informasi pada waktu yang tepat bagi setiap stakeholder. Proses ini terjadi di seluruh Grup Proses Pelaksana. Distribusi informasi dilakukan mengingat pentingnya mendapatkan informasi proyek bagi orang yang tepat, pada waktu yang tepat dengan format yang padat informasi.Manajer proyek dan tim proyek harus dapat memutuskan cara terbaik untuk mendistribusikan informasi proyek. 

Setelah melakukan perencanaan komunikasi, hasil yang diperoleh adalah rencana manajemen komunikasi.Langkah selanjutnya adalah pendistribusian informasi. Dalam melakukan pendistribusian informasi dibutuhkan input berupa perencanaan manajemen komunikasi dengan menggunakan alat dan teknik berupa kemampuan komunikasi, metode distribusi informasi, proses pembelajaran, serta sistem informasi. Hasil atau output dari proses distribusi informasi ini adalah proses atau alur komunikasi dari organisasi proyek dan perubahan permintaan.

Bentuk distribusi komunikasi pada proyek ada beberapa macam antara lain adalah:

  • Rapat-rapat(meetings).
  • Distribusi dokumen berupa hardcopy.
  • Distribusi data melalui media elektronik seperti electronic mail/E-mail, mesin fax, dan lain-lain.

Isu Penting dalam Distribusi Informasi

  • Penggunaan teknologi
  • Cara formal atau informal
  • Penanganan informasi yang sangat penting agar dapat didistribusikan dengan efektif dan tepat waktu
  • Memilih media yang cocok untuk berkomunikasi
  • Pemahaman akan teknik komunikasi individual atau berkelompok
  • Teknik menyampaikan berita “buruk”
• Pengaturan jumlah jalur komunikasi

Proses distribusi informasi dapat didokumentasikan dalam Organizational Process Assets. Informasi yang diperbaharui, antara lain :

  • Lesson learned
  • Project record (surat-surat korespondensi, memo, dsb)
  • Project reports (formal-informal laporan status proyek,dsb)
  • Masukan dari stakeholders berupa kritik, saran ataupun peringatan

3. Pelaporan Kinerja

Proses mengumpulkan dan menyebarkan informasi kinerja proyek, termasuk di dalamnya status reports(pelaporan status), progress measurements(pengukuran kemajuan), dan peramalan.

Informasi yang terkandung didalamnya, antara lain :
• Status reports, yang berisi tentang sejauh mana proyek sudah berjalan dalam kerangka ruang lingkup, waktu dan biaya. (Sudah berapa biaya yang digunakan, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan sebuah aktivitas, apakah pekerjaan sudah dilaksana sesuai rencana,dsb)
• Progres reports menggambarkan sejauh mana tim proyek sudah menyelesaikan pekerjaannya. Biasanya berupa laporan rutin
• Peramalan, berisi gambaran kecenderungan proyek akan berhasil atau tidak berdasarkan apa yang sudah dikerjakan sampai titik tertentu ketika proyek sudah berjalan
Proses ini terjadi dalam Monitoring dan Pengendalian Proses Grup.Inti dari pelaporan kinerja yaitu mengumpulkan dan menyebarkan informasi kinerja.

4. Mengelola stakeholders

Proses mengelola komunikasi untuk memenuhi kebutuhan dan harapan stakeholder dan penyelesaian isu-isu yang terjadi. Mengelola Stakeholder terjadi dalam Monitoring dan Pengendalian Proses Grup. Mengelola stakeholder berkaitan dengan memuaskan kebutuhan para stakeholder proyek dan menyelesaikan setiap isu yang diangkat oleh stakeholder proyek.

Ini adalah ide yang baik untuk mengingat bahwa kegiatan dan tanggung jawab dalam proses di atas akan tergantung pada proyek di tangan. Sebuah proyek yang lebih kecil jelas tidak akan memiliki standar komunikasi yang sama sebagai proyek yang lebih besar. Titik penting adalah bahwa semua komunikasi harus efektif, akurat, dan perhatian dari persyaratan proyek. Proses proyek komunikasi menyediakan metodologi untuk berhasil menerapkan strategi komunikasi proyek Anda. Selain meyakinkan stakeholder informasi dan terlibat dalam proyek.

Dengan menggunakan Proses Komunikasi, kita dapat:
  1. Jelas mengidentifikasi proyek kita
  2. Identifikasi stakeholder kebutuhan komunikasi kita
  3. Menjalankan jenis aktivitas komunikasi untuk mengirimkan pesan kita
  4. Pastikan orang yang tepat menerima informasi yang tepat pada waktu yang tepat

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

56 komentar

komentar
December 30, 2020 at 6:03 AM delete

Nama: Evelyn Tjitrodjojo
NRP : 05111840000099
Kelas : MPPL - C
Link : Video Tutorial Freedcamp

Reply
avatar
December 30, 2020 at 8:15 AM delete

Nama : Jordan Gilbert
NRP : 05111840000084
Kelas : MPPL - C
link : Tugas 10 : Manajemen Komunikasi :Bitrix24

Reply
avatar
December 31, 2020 at 8:16 AM delete

Nama: Vincentius Tanubrata
NRP : 05111840000091
Kelas : MPPL - C
Link : Tugas 10 - Tutorial Trello

Reply
avatar
January 2, 2021 at 12:45 AM delete This comment has been removed by the author.
avatar
January 2, 2021 at 8:43 PM delete

Nama: Bryan Gautama Ngo
NRP: 05111840000011
Kelas: MPPL C 2020
Link Tugas: Tugas 10 - Manajemen Komunikasi Redmine

Reply
avatar
January 3, 2021 at 3:00 AM delete

Nama : Alberto Sanjaya
NRP : 05111840000150
Kelas : MPPL C 2020
Link tugas : Tugas 10 - Manajemen Komunikasi Toggl

Reply
avatar
January 3, 2021 at 5:08 AM delete

Nama : Amelia Puji Maitri Liang
NRP : 05111840000147
Kelas : MPPL - C
Link Tugas : Tugas 10 - Manajemen Komunikasi Slack

Reply
avatar
January 4, 2021 at 5:11 AM delete

Nama : Salsabila Harlen
NRP : 05111840000127
Kelas : MPPL C 2020
Link tugas : Tugas 10 - Manajemen Komunikasi Wrike

Reply
avatar
January 4, 2021 at 9:04 AM delete

Nama: Aaron Astonvilla Rompis
NRP: 05111840000131
Kelas: MPPL-C
Link: Tugas Manajemen Komunikasi

Reply
avatar
January 4, 2021 at 9:06 AM delete

Nama:Feinard
NRP :05111840000081
Kelas:MPPL C 2020
Link:Hubstuff

Reply
avatar
January 4, 2021 at 10:00 AM delete

Nama : Farrel Muhammad Taqi
NRP : 05111840000071
Kelas : MPPL C 2020
Link : Tugas 10 - Manajemen Komunikasi

Reply
avatar
January 4, 2021 at 6:56 PM delete

Nama : Dion Devara Aryasatya
NRP : 05111740000080
Kelas : MPPL-C 2020
Link : Tugas 10 - Manajemen Komunikasi

Reply
avatar
January 4, 2021 at 7:11 PM delete

Nama: Emmanuel Maximus Yohanes
NRP: 05111840000102
Kelas: MPPL C 2020
Link: Tugas 10 - Manajemen Komunikasi (ClickUp)

Reply
avatar
January 5, 2021 at 2:11 AM delete

Nama: Kevin Christian Hadinata
NRP: 05111840000066
Kelas: MPPL C 2020
Link: Tugas 10 - Manajemen Komunikasi

Reply
avatar
January 5, 2021 at 4:11 AM delete

Nama : Erlinda Argyanti N.
NRP : 05111840000017
Kelas : MPPL C 2020

Link : Tugas 10 - Manajemen Komunikasi (MeisterTask)

Reply
avatar
January 5, 2021 at 5:07 AM delete

Nama : Imam Rafii Al Dzakwan
NRP : 05111840000067
Kelas : MPPL C 2020

Link : Tugas 10 - Manajemen Komunikasi (JIRA)

Reply
avatar
January 5, 2021 at 5:09 AM delete

Nama : Syubban Fakhriya
NRP : 05111840000042
Kelas : MPPL C 2020
Link : Tugas 10 - Manajemen Komunikasi

Reply
avatar
January 5, 2021 at 5:17 AM delete

Nama : Geizka Wahyu Fahriza
NRP : 05111840000062
Kelas : MPPL C 2020
Link : Tugas 10 - Manajemen Komunikasi

Reply
avatar
January 5, 2021 at 5:23 AM delete

Nama: Ignatius Dwiki Iskandar
NRP: 05111840000019
Kelas: MPPL C
Link: Manajemen Komunikasi

Reply
avatar
January 5, 2021 at 6:39 AM delete

Nama : Gema Adi Perwira
NRP : 05111840000138
Kelas : MPPL C 2020
Link : Tugas 10 - Manajemen Komunikasi

Reply
avatar
January 5, 2021 at 7:54 AM delete

Nama : Krisna Badru Wijaya
NRP : 05111740000048
Kelas : MPPL C 2020
Link : Tugas 10 - Manajemen Komunikasi

Reply
avatar
January 5, 2021 at 10:44 AM delete

Nama : Sultan Baney Wibisono
NRP : 05111840000040
Kelas : MPPL C 2020
Link : Tugas 10 - Manajemen Komunikasi

Reply
avatar
January 9, 2021 at 7:32 AM delete

Nama : I Kadek Ricky Suirta
NRP : 05111740000146
Kelas : MPPL C 2020
Link : Tugas 10 - Manajemen Komunikasi


Reply
avatar
January 10, 2021 at 10:30 AM delete

Nama: Yaniar Pradityas Effendi
NRP: 05111840000047
Kelas: MPPL C 2020
LINK TUGAS MANAJEMEN KOMUNIKASI

Reply
avatar
January 18, 2021 at 8:30 AM delete

Nama: Nikodemus Siahaan
NRP: 05111840000151
Kelas: MPPL C 2020
Link :Tugas 10 MPPL

Reply
avatar
January 19, 2021 at 8:01 AM delete

Nama : Intan Kusuma R
NRP : 05111840000020
Kelas : MPPL - C
Link : Tugas Manajemen Komunikasi

Reply
avatar
December 6, 2021 at 5:51 AM delete

Kelompok : 17
Anggota Kelompok :

Nama : Fitrah Arie Ramadhan
NRP : 05111940000025

Nama : Ryan Fernaldy
NRP : 05111940000152

Kelas : MPPL A
Tahun : 2021
Link : Tugas Pembuatan Menajemen Komunikasi

Reply
avatar
December 6, 2021 at 6:51 AM delete

Kelompok : 17
Anggota Kelompok :

Nama : Fitrah Arie Ramadhan
NRP : 05111940000025

Nama : Ryan Fernaldy
NRP : 05111940000152

Kelas : MPPL A
Tahun : 2021
Link : Tugas Pembuatan Manajemen Komunikasi

Reply
avatar
December 6, 2021 at 10:24 AM delete

Kelompok :
Aimar Wibowo - 05111940000034
Johnivan Aldo Sudiono - 05111940000051

Kelas : MPPL A 2021
Link Tugas : Manajemen Komunikasi

Reply
avatar
December 6, 2021 at 4:07 PM delete This comment has been removed by the author.
avatar
December 6, 2021 at 7:02 PM delete

Kelompok :
Aimar Wibowo - 05111940000034
Johnivan Aldo Sudiono - 05111940000051

Kelas : MPPL A 2021
Link Tugas : https://intip.in/Tugas11MPPL

Reply
avatar
December 6, 2021 at 7:13 PM delete

Anggota Kelompok :
Alfarabi Muzli - 05111940000039
Husnan - 05111940007002

Kelas : MPPL A 2021
Link : Manajemen Komunikasi

Reply
avatar
December 8, 2021 at 8:13 AM delete This comment has been removed by the author.
avatar
December 8, 2021 at 8:16 AM delete

Anggota Kelompok :
Hanifa Fauziah - 05111940000024
Fitrah Mutiara - 05111940000126
Inez Yulia Amanda - 05111940000208

Kelas : MPPL A 2021
Link : Manajemen Komunikasi

Reply
avatar
December 8, 2021 at 8:30 PM delete

Kelompok : 3
Anggota Kelompok :

Rafid Ferdianto (05111840000032)
excel deo cornelius (05111840000117)

Kelas : MPPL A
Tahun : 2021
Link : Manajemen Komunikasi

Reply
avatar
December 10, 2021 at 5:00 PM delete

Anggota Kelompok :
Ahmad Syafiq Aqil Wafi - 05111940000089
Zydhan Linnar Putra - 05111940000118
Mohammad Tauchid - 05111940000136

Kelas : MPPL A 2021
Link : Manajemen Komunikasi

Reply
avatar
December 10, 2021 at 7:40 PM delete

Kelompok :
Muhammad Arif Faizin - 05111940000060
Aji Wahyu Admaja Utama - 05111940000073

Kelas : MPPL A 2021
Link Tugas : Manajemen Komunikasi

Reply
avatar
December 13, 2021 at 1:32 AM delete

Syamil Difaul Haq Sukur - 05111940000196
Muhammad Nur Abdurrauf - 05111940000140

Kelas : MPPL A 2021
Link Tugas : Manajemen Komunikasi

Reply
avatar
December 13, 2021 at 8:03 AM delete

Anggota kelompok :
1. Julietta Anastasia Rodiah Boru Panjaitan (05111940000033)
2. Yusuf Anfasya (05111940000077)

Kelas : MPPL A 2021
Link : Manajemen Komunikasi

Reply
avatar
December 13, 2021 at 4:47 PM delete

Anggota kelompok :
1. Julietta Anastasia Rodiah Boru Panjaitan (05111940000033)
2. Yusuf Anfasya (05111940000077)

Kelas : MPPL A 2021
Link : Tugas Manajemen Komunikasi

Reply
avatar
December 13, 2021 at 4:51 PM delete

Anggota Kelompok:
Ricky Supriyanto (05111940000036)
Arvel G R (05111940000040)
Raihan Alifianto (05111940000213)

Kelas : MPPL A 2021
LiNK : Tugas 11

Reply
avatar
December 13, 2021 at 5:08 PM delete

Anggota Kelompok:
Ricky Supriyanto (05111940000036)
Arvel Gavrilla R. (05111940000040)
Raihan Alifianto (05111940000213)

Kelas : MPPL A 2021
Link : Manajemen Komunikasi

Reply
avatar
December 13, 2021 at 6:23 PM delete

Anggota Kelompok :
Nugroho Dimas A (05111840000075)
Link : Manajemen Komunikasi

Reply
avatar
December 14, 2021 at 3:03 AM delete

Anggota kelompok

Nama : Alfarabi Muzli
NRP : 05111940000039

Nama : Husnan
NRP : 05111940000039

Link Tugas: Manajemen Komunikasi

Reply
avatar
December 17, 2021 at 12:49 AM delete

Nama : Naufal Fajar Imani
NRP : 05111940000007
Kelas : MPPL A
Link : Tugas 11

Reply
avatar
December 19, 2021 at 10:16 AM delete

Anggota Kelompok :
Andika Nugrahanto - 05111940000031
Muhammad Raihan - 05111940000100
Arkan Aulia Farhan - 05111940000128

Kelas : MPPL A 2021
Link : Manajemen Komunikasi

Reply
avatar
December 20, 2021 at 6:39 AM delete

Anggota Kelompok :
David Bintang - 05111840000090
M Ridho Daffa Ardista - 05111840000065

Kelas : MPPL A 2021
Link : Manajemen Komunikasi

Reply
avatar
December 20, 2021 at 8:59 AM delete This comment has been removed by the author.
avatar
December 20, 2021 at 9:06 AM delete

Nama : Nabil Fikri Arief
NRP : 05111940000086
Kelas : MPPL A 2021

Link : Tugas 11

Reply
avatar
December 20, 2021 at 2:27 PM delete

Nama: Bagaskoro Kuncoro Ardi
NRP: 05111940000048
Kelas: MPPL A
Link: Tugas 11

Reply
avatar
December 20, 2021 at 4:20 PM delete

Anggota Kelompok:
Ricky Supriyanto (05111940000036)
Arvel Gavrilla R. (05111940000040)
Raihan Alifianto (05111940000213)

Kelas : MPPL A 2021
Link : MPPL ASIK

Reply
avatar
December 23, 2021 at 11:42 PM delete

Anggota Kelompok :
Titian Pamungkas Anjasmara (05111940000046)
Daffa Amanullah Setyawan (05111940000071)

Kelas : MPPL A 2021
Link : Link

Reply
avatar
December 30, 2021 at 8:09 PM delete

Ini komen saya ke 3 kalinya mbak, pak. Bismillah komenannya ga ilang sendiri lagi:")

Anggota Kelompok :
Hanifa Fauziah - 05111940000024
Fitrah Mutiara - 05111940000126
Inez Yulia Amanda - 05111940000208

Kelas : MPPL A 2021
Link : Manajemen Komunikasi

Reply
avatar
December 30, 2021 at 8:22 PM delete

Nama : Stefanus Albert Kosim
NRP : 05111940000096
Kelas : MPPL A 2021

Link : Tugas 11

Reply
avatar
September 19, 2022 at 4:43 AM delete


Website yang sangat informatif sekali, terimakasih sudah menulis artikel yang sangat bagus ini,semoga website ini selalu sukses dalam menulis artikel yang berguna bagi pembaca nya.

Reply
avatar