STI-3-Mengenal Interface dan Objek Scratch

Scratch adalah bahasa pemrograman yang didesain untuk memperkenalkan   konsep pemrograman komputer secara sederhana sehingga dapat dipahami oleh siapapun dari berbagai latar belakang. Scratch menampilkan antar muka yang sangat sederhana dan mudah digunakan. Konsep pemrograman scratch divisualisasikan dalam bentuk blok-blok program seperti memasang sebuah puzzle. Scratch dapat digunakan untuk membuat aplikasi, animasi, dan games.

Beberapa komponen Scratch :
  1. Sprite, di bagian kanan bawah itu ada sprite 1. Sprite bisa diperbanyak lagi dan di edit sesuai kebutuhan.
  2. Stage Backdrop atau Background, merupakan latar belakang agar games ataupun film animasi yang kita buat bisa lebih menarik.
  3. Green Flag, Untuk Menjalankan script dari cerita yang telah dibuat
  4. Stop Sign, Untuk menghentikan semua script dari sebuah cerita
  5. View Mode, Untuk mengubah stage menjadi besar atau kecil
  6. New  Sprite Button, Membuat sebuah karakter baru atau objek untuk project kita.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »