TKAP-2-Problem Solving Bebras

Kemampuan memecahkan masalah (problem solving) merupakan kemampuan yang diperlukan baik untuk belajar, maupun dalam bekerja. Menurut laporan dari World Economic Forum, kemampuan yang paling diperlukan dalam dunia kerja di tahun 2020 adalah complex problem solving. Berkaitan dengan hal tersebut, ada tiga tantangan yang dihadapi di masa depan, yaitu ketidakpastian, globalisasi, dan persaingan ide. Pendidikan harus dapat menjawab ketiga tantangan tersebut dengan memperkuat konsep 4C dalam pendidikan, yaitu creativity, comunication skills, collaborative, and critical thingking for problem solving.

Dalam dunia pendidikan, berbagai model pembelajaran dicoba untuk diterapkan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan problem solving siswa. Kemampuan problem solving bisa juga diasah melalui kegiatan di luar sekolah (non kurikuler). Hampir semua aspek kehidupan sehari-hari diselesaikan dengan bantuan komputer. Oleh sebab itu, computational thinking menjadi salah satu elemen problem solving yang perlu diasah.

Bebras yang pertama kali digelar di Lithuania (www.bebras.org), merupakan aktivitas ekstra kurikuler yang mengedukasi kemampuan problem solving dalam informatika dengan jumlah peserta terbanyak di dunia. Siswa peserta akan mengikuti kompetisi bebras di bawah supervisi guru, yang dapat mengintegrasikan tantangan tersebut dalam aktivitas mengajar guru. Kompetisi ini dilakukan setiap tahun secara online melalui komputer.

Kompetisi Bebras didirikan di negara Lithuania oleh Prof. Valentina Dagiene dari University of Vilnius pada tahun 2004. Bebras adalah istilah dalam bahasa Lithuania untuk ?beaver? (dalam bahasa Indonesia adalah ?berang berang?). Bebras dipilih sebagai simbol tantangan (challenge), karena hewan beaver berusaha keras untuk mencapai target secara sempurna dalam aktivitasnya sehari ?hari. Mereka membuat bendungan dari ranting-ranting pohon di sungai atau aliran air dan membuat rumahnya sendiri. Kompetisi ini disebut Bebras untuk menunjukkan kerja keras dan kecerdasan diperlukan di dalam kehidupan.

Kompetisi Bebras dilaksanakan setiap tahun. Negara yang sudah berpartisipasi mengikuti Bebras ada 50 negara, belum termasuk Indonesia. Pada tahun 2015, jumlah peserta yang mengikuti Bebras mencapai 1,3 juta siswa dari berbagai belahan dunia. Indonesia akan mulai berpartisipasi pada tahun 2016.

Bebras task diberikan berdasarkan kelompok umur siswa, terdapat 5 kelompok umur. Kelompok Little Beavers untuk usia 8-10 tahun, kelompok Benjamins untuk usia 10-12 tahun, kelompok Cadets untuk usia 13-14 tahun, kelompok Juniors untuk usia 15-16 tahun, dan kelompok Seniors untuk usia 17-19 tahun.

Contoh – 1 

Kran Air
(Kelompok Usia: Benjamins; Tingkat Kesulitan: medium; Kategori: STRUC)

Beaver membuat sistem pipa untuk menyirami pohon apelnya.
Sistem pipa terdiri dari 4 kran, yaitu A,B,C, dan D. Digunakan ekspresi yang memakai variabel A, B, C, D, yang dapat bernilai true (benar) atau false (salah). Suatu variabel bernilai true, jika kran yang berhubungan terbuka, sebaliknya variabel bernilai false, jika kran tersebut tertutup.

Tentukan dalam kasus yang mana, pohon apel akan mendapat air ?

Pilihlah jawaban yang paling tepat :

  • A) A = false, B = true, C = false, D = false
  • B) A = true, B = true, C = false, D = false
  • C) A = true, B = false, C = false, D = true
  • D) A = false, B = false, C = false, D = true
Jawaban yang paling tepat adalah A, penjelasannya sebagai berikut.


  • A: Jika B terbuka dan A tertutup, maka air dapat mengalir menyirami pohon.
  • B: Jika A terbuka, maka air yang mengalir melalui B akan dialirkan melalui A, sehingga tidak menyirami pohon.
  • C: Jika B tertutup, maka tidak ada air yang berasal dari sumber di sebelah kiri. Karena C juga tertutup, air dari sumber di sebelah kanan tidak dapat mengalir.
  • D: Jika B tertutup, maka tidak ada air yang berasal dari sumber di sebelah kiri. Karena C juga tertutup, air dari sumber di sebelah kanan tidak dapat mengalir

Aspek informatika yang hendak disampaikan dalam persoalan ini adalah bahwa program komputer memproses struktur data yang memodelkan kondisi sebenarnya. Model adalah suatu abstraksi, yaitu gambaran persoalan nyata yang disederhanakan. Dalam persoalan kran air, kran dimodelkan sebagai variabel yang dapat bernilai true (kran terbuka) atau false (kran tertutup). Ini suatu contoh abstraksi, dalam hal ini sifat-sifat lain dari suatu kran air diabaikan dahulu untuk menyederhanakan persoalan.

Contoh - 2

Pertemanan
(Kelompok usia : Juniors; Tingkat kesulitan: medium; Kategori: STRUC, SOC)

Lucia dan teman-temannya terdaftar dalam suatu jaringan sosial, seperti dalam gambar berikut ini. Suatu garis menunjukkan hubungan pertemanan antara dua orang. 
Misalnya Monica adalah teman Lucia sedangkan Alex bukan teman Lucia.

Aturan yang berlaku :
  • Jika seseorang berbagi foto dengan beberapa temannya, maka teman-temannya tersebut dapat memberikan komentar.
  • Jika seseorang memberikan komentar untuk suatu foto, maka semua temannya dapat melihat foto dan komentarnya, tetapi tidak dapat memberikan komentar kecuali jika pada awalnya bisa.

Lucia meng-upload suatu foto. Dengan siapa saja dia dapat berbagi foto, jika dia tidak mau fotonya dilihat oleh Jacob ?

Pilihlah jawaban yang paling tepat :
  • A) Dana, Michael, Eve
  • B) Dana, Eve, Monica
  • C) Michael, Eve, Jacob
  • D) Micheal, Peter, Monica

Jawaban yang benar adalah A.

Penjelasannya, Lucia mempunyai 6 teman, yaitu Dana, Michael, Monica, Eve, Peter, dan Jacob. Dari keenam orang tersebut, yang tidak berteman dengan Jacob adalah Dana, Michael dan Eve. Aturannya adalah jika X memberi komentar untuk sebuah foto, maka semua teman X dapat melihat foto dan komentarnya. Jadi karena Dana, Michael dan Eve tidak berteman dengan Jacob, maka Jacob tidak bisa melihat foto tersebut.

Salah satu aspek informatika yang hendak disampaikan melalui soal ini adalah mengenai struktur. Struktur yang digunakan untuk menggambarkan relasi pertemanan dari Lucia menggunakan bentuk yang disebut graf. Graf merupakan sarana dalam informatika untuk menggambarkan jaringan sosial. Graf sederhana terdiri dari node (menyatakan orang) dan garis (menyatakan relasi teman).

Referensi :

  • http://www.bebras.uk/programming.html
  • http://www.scratchmypi.co.uk/sorting-algorithms-in-key-stage-2/#
  • https://www.youtube.com/watch?v=T9ddJNm_gX8
  • https://scratch.mit.edu/projects/89122691/
  • https://scratch.mit.edu/studios/880696/
  • https://edu.google.com/resources/programs/exploring-computational-thinking/
  • http://interactivepython.org/runestone/static/pythonds/index.html
  • https://projecteuler.net/archives
  • http://www.cs.uni.edu/~schafer/outreach/cs4hs/
  • https://www.youtube.com/watch?v=1jWfG_0J-qU&index=11&list=PL99XwQ3slYF1Azru0Ppe6bDvC59-3GoQs
  • https://www.youtube.com/watch?v=S_eOTuRICQk
  • https://www.youtube.com/watch?v=T9ddJNm_gX8
  • https://www.youtube.com/watch?v=nbbfz-xXSOc

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

45 komentar

komentar
September 20, 2017 at 11:34 PM delete

Nama: William Budi J
NRP: 5115100063
Kelas: TKAP
Judul: Tugas membuat program menggunakan scratch.io
Link: https://scratch.mit.edu/projects/175719177/
https://scratch.mit.edu/projects/175723640/

Reply
avatar
September 20, 2017 at 11:51 PM delete

Nama: Bramastya Dewa I
NRP: 5115100130
Kelas: TKAP
Judul: Tugas membuat program menggunakan scratch.mit.edu
Link: https://scratch.mit.edu/projects/175725996/
https://scratch.mit.edu/projects/175725756/

Reply
avatar
September 21, 2017 at 12:19 AM delete

Nama: Yustian
NRP: 5115100058
Kelas: TKAP
Judul: Tugas membuat program di scratch.mit.edu berdasarkan problem yang diberikan
Link:
https://scratch.mit.edu/projects/175723363/
https://scratch.mit.edu/projects/175730295/

Reply
avatar
September 21, 2017 at 3:18 AM delete

Nama: Rozana Firdausi
NRP: 5115100701
Kelas: TKAP
Judul: Tugas membuat program menggunakan scratch.mit.edu
Link:
-Kran Air : https://scratch.mit.edu/projects/175526586/
-Pertemanan : https://scratch.mit.edu/projects/175734734/

Reply
avatar
September 21, 2017 at 5:35 AM delete

Nama: Alek Nur Fatman
NRP: 5114100018
Kelas: TKAP
Judul: Tugas membuat program di scratch.mit.edu berdasarkan problem yang diberikan
Link: https://scratch.mit.edu/projects/175753925/

Reply
avatar
September 21, 2017 at 5:50 AM delete

Nama: Damai Marisa Bachri
NRP: 5115100001
Kelas: TKAP
Judul: membuat visualisasi dari salah satu algoritma bebras yaitu pipa air pada scratch.mit.edu
Link: https://scratch.mit.edu/projects/175766315/

Reply
avatar
September 21, 2017 at 6:53 AM delete

Nama : Sultan Bonar Martinus
NRP : 5114100006
Kelas : TKAP
Tugas 1 _ Problem Bebras
Link:
1. Keran Air: https://scratch.mit.edu/projects/175780544/
2. Share ke Teman : https://scratch.mit.edu/projects/175780831/

Reply
avatar
September 21, 2017 at 7:23 AM delete

Nama: Sabila Malahati Arnindya
NRP: 5114100034
Kelas: TKAP
Judul: Membuat visualisasi pipa air pada scratch.mit.edu
Link: https://scratch.mit.edu/projects/175522752/

Reply
avatar
September 21, 2017 at 7:24 AM delete

Nama : Cynthia Dewi Tejakusuma
NRP : 5115100074
Kelas : TKAP
Tugas : Membuat visualisasi salah satu algoritma bebras yaitu pertemanan pada scratch.mit.edu
Link : https://scratch.mit.edu/projects/175767913/

Reply
avatar
September 21, 2017 at 7:54 AM delete

Nama : Steven Candra
NRP: 5115100068
Kelas : TKAP
Judul : Membuat visualisasi pada Scratch terhadap problem Bebras (Keran air)
Link: https://scratch.mit.edu/projects/175771867/

Reply
avatar
September 21, 2017 at 8:20 AM delete

Nama : M. Azka Yasin
NRP : 5115100038
Kelas : TKAP
Tugas : Membuat visualisasi salah satu algoritma pertemanan pada scratch.mit.edu
Link : https://scratch.mit.edu/projects/175801071/

Reply
avatar
September 21, 2017 at 9:13 AM delete

Nama : Vincentius
NRP: 5115100159
Kelas : TKAP
Judul : Membuat visualisasi menggunakan Scratch terhadap contoh problem kran air
Link: https://scratch.mit.edu/projects/175790357/

Reply
avatar
September 21, 2017 at 9:17 AM delete

Nama : Dicky Kaisar Utomo
NRP: 5115100077
Kelas : TKAP
Judul : Membuat visualisasi pada Scratch terhadap problem Bebras (Keran air) pada scratch.mit.edu
Link: https://scratch.mit.edu/projects/175812703/

Reply
avatar
September 21, 2017 at 9:41 AM delete


Nama: Achmad Ibnu Malik A.
NRP: 5115100175
Kelas: TKAP A
Judul: Tugas membuat program menggunakan scratch.mit.edu
Link:
-Kran Air : https://scratch.mit.edu/projects/175729683/
-Pertemanan : https://scratch.mit.edu/projects/175800986/

Reply
avatar
September 21, 2017 at 10:03 AM delete

Nama: Satriyo Nugroho
NRP: 5115100034
Kelas: TKAP
Judul: Tugas membuat program di scratch.mit.edu berdasarkan contoh problem Kran air
Link: https://scratch.mit.edu/projects/175774245/

Reply
avatar
September 21, 2017 at 10:53 AM delete

Nama : Hidayatul Munawaroh
NRP : 5115100054
Kelas: TKAP
Judul: tugas membuat implementasi problem pertemanan menggunakan scratch.mit.edu
Link : https://scratch.mit.edu/projects/175837790/

Reply
avatar
September 21, 2017 at 11:31 AM delete This comment has been removed by the author.
avatar
September 21, 2017 at 11:34 AM delete

Nama : William Albertus Dembo
NRP  : 5115100075
Kelas : TKAP
Judul : Membuat problem bebras keran air dengan scratch
Link   : Klik disini

Reply
avatar
September 21, 2017 at 1:12 PM delete

Nama : Paul Aldy
NRP: 5114100072
Kelas : TKAP
Judul : Membuat visualisasi terhadap contoh problem kran air
Link: https://scratch.mit.edu/projects/175808711/

Reply
avatar
September 21, 2017 at 2:01 PM delete

Nama : Pramudito Hapriarso
NRP : 5114100035
Kelas : TKAP
Judul : Visualisasi berdasarkan problem Kran Air
Link: https://scratch.mit.edu/projects/175859195/

Reply
avatar
September 21, 2017 at 6:32 PM delete

Nama : Brama Diwangkara
NRP : 5115100150
Kelas : TKAP
Judul : Membuat implementasi visual dari problem pertemanan di scratch.mit.edu
Link : https://scratch.mit.edu/projects/175896459/

Reply
avatar
September 21, 2017 at 10:24 PM delete

Nama : Evan Bangun
NRP : 5114100169
Kelas : TKAP
Judul : Visualisasi Problem Kran Air
Link: https://scratch.mit.edu/projects/175922503/

Reply
avatar
September 22, 2017 at 12:48 AM delete This comment has been removed by the author.
avatar
September 22, 2017 at 12:49 AM delete

Nama : Rani Aulia H
NRP : 5114100044
Kelas : TKAP
Judul : Visualisasi Problem Kran Air pada scretch.mit.edu
Link: https://scratch.mit.edu/projects/175934520/

Reply
avatar
September 22, 2017 at 12:54 AM delete

Nama : Rangga Senatama Putra
NRP : 5115100076
Kelas : TKAP
Judul : Visualisasi Problem Kran Air pada scretch.mit.edu
Link: https://scratch.mit.edu/projects/175928684/

Reply
avatar
September 22, 2017 at 6:39 AM delete

Nama : Saddhana Arta Daniswara
NRP : 5114100191
Kelas : TKAP
Judul : Problem keran air
Link: https://scratch.mit.edu/projects/175950785/

Reply
avatar
September 22, 2017 at 10:12 AM delete

Nama : Desy Nurbaiti Rahmi
NRP : 5114100030
Kelas : TKAP
Tugas : Visualisasi pengiriman foto kepada beberapa teman.
Link : https://scratch.mit.edu/projects/176006804/

Reply
avatar
September 22, 2017 at 11:52 PM delete This comment has been removed by the author.
avatar
September 23, 2017 at 12:54 AM delete

Nama: Reinardus Wandya K
NRP 5115100091
Kelas: TKAP
Tugas: Visualisasi problem solving bebras
1. Keran air
2. pertemanan

Reply
avatar
September 23, 2017 at 4:02 AM delete

Nama : Raras Anggita
NRP : 5114100046
Kelas : TKAP
Tugas : Visualisasi Problem Kran Air
Link : https://scratch.mit.edu/projects/175615136/

Reply
avatar
September 24, 2017 at 3:12 AM delete

Nama : Ananda Ricky
NRP : 5114100056
Kelas : TKAP
Tugas : Visualisasi air mengalir pada problem bebres
Link : https://scratch.mit.edu/projects/176193043/

Reply
avatar
September 24, 2017 at 10:23 AM delete

Nama : Lucas Susanto
NRP : 5115100134
Kelas : TKAP
Tugas : Pertemanan
Link : https://scratch.mit.edu/projects/176227927/

Reply
avatar
September 24, 2017 at 10:07 PM delete

Nama : Jordy Adhityo P
NRP : 5111100101
Kelas : TKAP
Tugas : Visualisasi air mengalir
Link : https://scratch.mit.edu/projects/176270561/

Reply
avatar
September 25, 2017 at 2:16 AM delete

Nama : Tiara Anggita
NRP : 5114100176
Kelas : TKAP
Tugas : Pertemanan
Link : https://scratch.mit.edu/projects/176292801/

Reply
avatar
September 25, 2017 at 9:41 PM delete

Nama : Findryan KP
NRP : 5115100035
Kelas TKAP
Tugas : Kran Air
Link : https://scratch.mit.edu/projects/176457790/

Reply
avatar
September 27, 2017 at 7:43 AM delete

Nama: Brian Rainer Suryaputra
NRP: 5115100061
Kelas TKAP
Tugas:
1. Water Tap https://scratch.mit.edu/projects/176466064/
2. Friends https://scratch.mit.edu/projects/176757024/

Reply
avatar
September 27, 2017 at 7:00 PM delete

Nama: Rahmatin Nadia
NRP: 5114100130
Kelas TKAP
Tugas:

Friends https://scratch.mit.edu/projects/176910362/

Reply
avatar
September 27, 2017 at 9:43 PM delete

Nama: Muhammad Fajri Salam
NRP: 5115100099
Kelas TK-AP

Tugas:
- Keran air https://scratch.mit.edu/projects/176920541/

Reply
avatar
September 27, 2017 at 9:46 PM delete

Nama: Ahmad Burhanuddin Utomo
NRP: 5115100070
TKAP

Tugas: Keran air
https://scratch.mit.edu/projects/176794008/

Reply
avatar
September 27, 2017 at 10:39 PM delete

Nama : Ariya Wildan Devanto
NRP : 5115100123
TKAP

Tugas : Keran Air
https://scratch.mit.edu/projects/176926529/

Reply
avatar
September 28, 2017 at 2:37 AM delete

Nama : Muhammad Firza Gustama
NRP : 5115100170

Tugas : TKAP Keran Air
Link : https://scratch.mit.edu/projects/176953782/

Reply
avatar
September 29, 2017 at 1:22 AM delete

Nama : Anandi Jaya S
NRP : 5114100096

Tugas : TKAP Keran Air
Link : https://scratch.mit.edu/projects/177167643/

Reply
avatar
September 29, 2017 at 7:36 AM delete

Nama : Frieda Uswatun Hasanah
NRP : 5115100071

Tugas TKAP Keran Air
Link : https://scratch.mit.edu/projects/177223626/

Reply
avatar
October 4, 2017 at 10:43 AM delete

Nama : Dwiyan Satria U
NRP : 5114100045
Tugas TKAP Keran Air
Link : https://scratch.mit.edu/projects/178080748/

Reply
avatar
December 18, 2017 at 11:21 AM delete

Nama : Tomson
NRP : 5113100048
Tugas : TKAP Keran Air
Link : https://scratch.mit.edu/projects/194308124

Reply
avatar