Dalam dunia pendidikan, berbagai model pembelajaran dicoba untuk diterapkan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan problem solving siswa. Kemampuan problem solving bisa juga diasah melalui kegiatan di luar sekolah (non kurikuler). Hampir semua aspek kehidupan sehari-hari diselesaikan dengan bantuan komputer. Oleh sebab itu, computational thinking menjadi salah satu elemen problem solving yang perlu diasah.
Bebras yang pertama kali digelar di Lithuania (www.bebras.org), merupakan aktivitas ekstra kurikuler yang mengedukasi kemampuan problem solving dalam informatika dengan jumlah peserta terbanyak di dunia. Siswa peserta akan mengikuti kompetisi bebras di bawah supervisi guru, yang dapat mengintegrasikan tantangan tersebut dalam aktivitas mengajar guru. Kompetisi ini dilakukan setiap tahun secara online melalui komputer.
Kompetisi Bebras didirikan di negara Lithuania oleh Prof. Valentina Dagiene dari University of Vilnius pada tahun 2004. Bebras adalah istilah dalam bahasa Lithuania untuk ?beaver? (dalam bahasa Indonesia adalah ?berang berang?). Bebras dipilih sebagai simbol tantangan (challenge), karena hewan beaver berusaha keras untuk mencapai target secara sempurna dalam aktivitasnya sehari ?hari. Mereka membuat bendungan dari ranting-ranting pohon di sungai atau aliran air dan membuat rumahnya sendiri. Kompetisi ini disebut Bebras untuk menunjukkan kerja keras dan kecerdasan diperlukan di dalam kehidupan.
Kompetisi Bebras dilaksanakan setiap tahun. Negara yang sudah berpartisipasi mengikuti Bebras ada 50 negara, belum termasuk Indonesia. Pada tahun 2015, jumlah peserta yang mengikuti Bebras mencapai 1,3 juta siswa dari berbagai belahan dunia. Indonesia akan mulai berpartisipasi pada tahun 2016.
Bebras task diberikan berdasarkan kelompok umur siswa, terdapat 5 kelompok umur. Kelompok Little Beavers untuk usia 8-10 tahun, kelompok Benjamins untuk usia 10-12 tahun, kelompok Cadets untuk usia 13-14 tahun, kelompok Juniors untuk usia 15-16 tahun, dan kelompok Seniors untuk usia 17-19 tahun.
Contoh – 1
Kran Air
(Kelompok Usia: Benjamins; Tingkat Kesulitan: medium; Kategori: STRUC)
Beaver membuat sistem pipa untuk menyirami pohon apelnya.
Sistem pipa terdiri dari 4 kran, yaitu A,B,C, dan D. Digunakan ekspresi yang memakai variabel A, B, C, D, yang dapat bernilai true (benar) atau false (salah). Suatu variabel bernilai true, jika kran yang berhubungan terbuka, sebaliknya variabel bernilai false, jika kran tersebut tertutup.
Tentukan dalam kasus yang mana, pohon apel akan mendapat air ?
Pilihlah jawaban yang paling tepat :
- A) A = false, B = true, C = false, D = false
- B) A = true, B = true, C = false, D = false
- C) A = true, B = false, C = false, D = true
- D) A = false, B = false, C = false, D = true
Jawaban yang paling tepat adalah A, penjelasannya sebagai berikut.
- A: Jika B terbuka dan A tertutup, maka air dapat mengalir menyirami pohon.
- B: Jika A terbuka, maka air yang mengalir melalui B akan dialirkan melalui A, sehingga tidak menyirami pohon.
- C: Jika B tertutup, maka tidak ada air yang berasal dari sumber di sebelah kiri. Karena C juga tertutup, air dari sumber di sebelah kanan tidak dapat mengalir.
- D: Jika B tertutup, maka tidak ada air yang berasal dari sumber di sebelah kiri. Karena C juga tertutup, air dari sumber di sebelah kanan tidak dapat mengalir
Aspek informatika yang hendak disampaikan dalam persoalan ini adalah bahwa program komputer memproses struktur data yang memodelkan kondisi sebenarnya. Model adalah suatu abstraksi, yaitu gambaran persoalan nyata yang disederhanakan. Dalam persoalan kran air, kran dimodelkan sebagai variabel yang dapat bernilai true (kran terbuka) atau false (kran tertutup). Ini suatu contoh abstraksi, dalam hal ini sifat-sifat lain dari suatu kran air diabaikan dahulu untuk menyederhanakan persoalan.
Contoh - 2
Pertemanan
(Kelompok usia : Juniors; Tingkat kesulitan: medium; Kategori: STRUC, SOC)
Lucia dan teman-temannya terdaftar dalam suatu jaringan sosial, seperti dalam gambar berikut ini. Suatu garis menunjukkan hubungan pertemanan antara dua orang.
Misalnya Monica adalah teman Lucia sedangkan Alex bukan teman Lucia.
Aturan yang berlaku :
- Jika seseorang berbagi foto dengan beberapa temannya, maka teman-temannya tersebut dapat memberikan komentar.
- Jika seseorang memberikan komentar untuk suatu foto, maka semua temannya dapat melihat foto dan komentarnya, tetapi tidak dapat memberikan komentar kecuali jika pada awalnya bisa.
Lucia meng-upload suatu foto. Dengan siapa saja dia dapat berbagi foto, jika dia tidak mau fotonya dilihat oleh Jacob ?
Pilihlah jawaban yang paling tepat :
- A) Dana, Michael, Eve
- B) Dana, Eve, Monica
- C) Michael, Eve, Jacob
- D) Micheal, Peter, Monica
Jawaban yang benar adalah A.
Penjelasannya, Lucia mempunyai 6 teman, yaitu Dana, Michael, Monica, Eve, Peter, dan Jacob. Dari keenam orang tersebut, yang tidak berteman dengan Jacob adalah Dana, Michael dan Eve. Aturannya adalah jika X memberi komentar untuk sebuah foto, maka semua teman X dapat melihat foto dan komentarnya. Jadi karena Dana, Michael dan Eve tidak berteman dengan Jacob, maka Jacob tidak bisa melihat foto tersebut.
Salah satu aspek informatika yang hendak disampaikan melalui soal ini adalah mengenai struktur. Struktur yang digunakan untuk menggambarkan relasi pertemanan dari Lucia menggunakan bentuk yang disebut graf. Graf merupakan sarana dalam informatika untuk menggambarkan jaringan sosial. Graf sederhana terdiri dari node (menyatakan orang) dan garis (menyatakan relasi teman).
Referensi :
- http://www.bebras.uk/programming.html
- http://www.scratchmypi.co.uk/sorting-algorithms-in-key-stage-2/#
- https://www.youtube.com/watch?v=T9ddJNm_gX8
- https://scratch.mit.edu/projects/89122691/
- https://scratch.mit.edu/studios/880696/
- https://edu.google.com/resources/programs/exploring-computational-thinking/
- http://interactivepython.org/runestone/static/pythonds/index.html
- https://projecteuler.net/archives
- http://www.cs.uni.edu/~schafer/outreach/cs4hs/
- https://www.youtube.com/watch?v=1jWfG_0J-qU&index=11&list=PL99XwQ3slYF1Azru0Ppe6bDvC59-3GoQs
- https://www.youtube.com/watch?v=S_eOTuRICQk
- https://www.youtube.com/watch?v=T9ddJNm_gX8
- https://www.youtube.com/watch?v=nbbfz-xXSOc
45 komentar
komentarNama: William Budi J
ReplyNRP: 5115100063
Kelas: TKAP
Judul: Tugas membuat program menggunakan scratch.io
Link: https://scratch.mit.edu/projects/175719177/
https://scratch.mit.edu/projects/175723640/
Nama: Bramastya Dewa I
ReplyNRP: 5115100130
Kelas: TKAP
Judul: Tugas membuat program menggunakan scratch.mit.edu
Link: https://scratch.mit.edu/projects/175725996/
https://scratch.mit.edu/projects/175725756/
Nama: Yustian
ReplyNRP: 5115100058
Kelas: TKAP
Judul: Tugas membuat program di scratch.mit.edu berdasarkan problem yang diberikan
Link:
https://scratch.mit.edu/projects/175723363/
https://scratch.mit.edu/projects/175730295/
Nama: Rozana Firdausi
ReplyNRP: 5115100701
Kelas: TKAP
Judul: Tugas membuat program menggunakan scratch.mit.edu
Link:
-Kran Air : https://scratch.mit.edu/projects/175526586/
-Pertemanan : https://scratch.mit.edu/projects/175734734/
Nama: Alek Nur Fatman
ReplyNRP: 5114100018
Kelas: TKAP
Judul: Tugas membuat program di scratch.mit.edu berdasarkan problem yang diberikan
Link: https://scratch.mit.edu/projects/175753925/
Nama: Damai Marisa Bachri
ReplyNRP: 5115100001
Kelas: TKAP
Judul: membuat visualisasi dari salah satu algoritma bebras yaitu pipa air pada scratch.mit.edu
Link: https://scratch.mit.edu/projects/175766315/
Nama : Sultan Bonar Martinus
ReplyNRP : 5114100006
Kelas : TKAP
Tugas 1 _ Problem Bebras
Link:
1. Keran Air: https://scratch.mit.edu/projects/175780544/
2. Share ke Teman : https://scratch.mit.edu/projects/175780831/
Nama: Sabila Malahati Arnindya
ReplyNRP: 5114100034
Kelas: TKAP
Judul: Membuat visualisasi pipa air pada scratch.mit.edu
Link: https://scratch.mit.edu/projects/175522752/
Nama : Cynthia Dewi Tejakusuma
ReplyNRP : 5115100074
Kelas : TKAP
Tugas : Membuat visualisasi salah satu algoritma bebras yaitu pertemanan pada scratch.mit.edu
Link : https://scratch.mit.edu/projects/175767913/
Nama : Steven Candra
ReplyNRP: 5115100068
Kelas : TKAP
Judul : Membuat visualisasi pada Scratch terhadap problem Bebras (Keran air)
Link: https://scratch.mit.edu/projects/175771867/
Nama : M. Azka Yasin
ReplyNRP : 5115100038
Kelas : TKAP
Tugas : Membuat visualisasi salah satu algoritma pertemanan pada scratch.mit.edu
Link : https://scratch.mit.edu/projects/175801071/
Nama : Vincentius
ReplyNRP: 5115100159
Kelas : TKAP
Judul : Membuat visualisasi menggunakan Scratch terhadap contoh problem kran air
Link: https://scratch.mit.edu/projects/175790357/
Nama : Dicky Kaisar Utomo
ReplyNRP: 5115100077
Kelas : TKAP
Judul : Membuat visualisasi pada Scratch terhadap problem Bebras (Keran air) pada scratch.mit.edu
Link: https://scratch.mit.edu/projects/175812703/
ReplyNama: Achmad Ibnu Malik A.
NRP: 5115100175
Kelas: TKAP A
Judul: Tugas membuat program menggunakan scratch.mit.edu
Link:
-Kran Air : https://scratch.mit.edu/projects/175729683/
-Pertemanan : https://scratch.mit.edu/projects/175800986/
Nama: Satriyo Nugroho
ReplyNRP: 5115100034
Kelas: TKAP
Judul: Tugas membuat program di scratch.mit.edu berdasarkan contoh problem Kran air
Link: https://scratch.mit.edu/projects/175774245/
Nama : Hidayatul Munawaroh
ReplyNRP : 5115100054
Kelas: TKAP
Judul: tugas membuat implementasi problem pertemanan menggunakan scratch.mit.edu
Link : https://scratch.mit.edu/projects/175837790/
Nama : William Albertus Dembo
ReplyNRP : 5115100075
Kelas : TKAP
Judul : Membuat problem bebras keran air dengan scratch
Link : Klik disini
Nama : Paul Aldy
ReplyNRP: 5114100072
Kelas : TKAP
Judul : Membuat visualisasi terhadap contoh problem kran air
Link: https://scratch.mit.edu/projects/175808711/
Nama : Pramudito Hapriarso
ReplyNRP : 5114100035
Kelas : TKAP
Judul : Visualisasi berdasarkan problem Kran Air
Link: https://scratch.mit.edu/projects/175859195/
Nama : Brama Diwangkara
ReplyNRP : 5115100150
Kelas : TKAP
Judul : Membuat implementasi visual dari problem pertemanan di scratch.mit.edu
Link : https://scratch.mit.edu/projects/175896459/
Nama : Evan Bangun
ReplyNRP : 5114100169
Kelas : TKAP
Judul : Visualisasi Problem Kran Air
Link: https://scratch.mit.edu/projects/175922503/
Nama : Rani Aulia H
ReplyNRP : 5114100044
Kelas : TKAP
Judul : Visualisasi Problem Kran Air pada scretch.mit.edu
Link: https://scratch.mit.edu/projects/175934520/
Nama : Rangga Senatama Putra
ReplyNRP : 5115100076
Kelas : TKAP
Judul : Visualisasi Problem Kran Air pada scretch.mit.edu
Link: https://scratch.mit.edu/projects/175928684/
Nama : Saddhana Arta Daniswara
ReplyNRP : 5114100191
Kelas : TKAP
Judul : Problem keran air
Link: https://scratch.mit.edu/projects/175950785/
Nama : Desy Nurbaiti Rahmi
ReplyNRP : 5114100030
Kelas : TKAP
Tugas : Visualisasi pengiriman foto kepada beberapa teman.
Link : https://scratch.mit.edu/projects/176006804/
Nama: Reinardus Wandya K
ReplyNRP 5115100091
Kelas: TKAP
Tugas: Visualisasi problem solving bebras
1. Keran air
2. pertemanan
Nama : Raras Anggita
ReplyNRP : 5114100046
Kelas : TKAP
Tugas : Visualisasi Problem Kran Air
Link : https://scratch.mit.edu/projects/175615136/
Nama : Ananda Ricky
ReplyNRP : 5114100056
Kelas : TKAP
Tugas : Visualisasi air mengalir pada problem bebres
Link : https://scratch.mit.edu/projects/176193043/
Nama : Lucas Susanto
ReplyNRP : 5115100134
Kelas : TKAP
Tugas : Pertemanan
Link : https://scratch.mit.edu/projects/176227927/
Nama : Jordy Adhityo P
ReplyNRP : 5111100101
Kelas : TKAP
Tugas : Visualisasi air mengalir
Link : https://scratch.mit.edu/projects/176270561/
Nama : Tiara Anggita
ReplyNRP : 5114100176
Kelas : TKAP
Tugas : Pertemanan
Link : https://scratch.mit.edu/projects/176292801/
Nama : Findryan KP
ReplyNRP : 5115100035
Kelas TKAP
Tugas : Kran Air
Link : https://scratch.mit.edu/projects/176457790/
Nama: Brian Rainer Suryaputra
ReplyNRP: 5115100061
Kelas TKAP
Tugas:
1. Water Tap https://scratch.mit.edu/projects/176466064/
2. Friends https://scratch.mit.edu/projects/176757024/
Nama: Rahmatin Nadia
ReplyNRP: 5114100130
Kelas TKAP
Tugas:
Friends https://scratch.mit.edu/projects/176910362/
Nama: Muhammad Fajri Salam
ReplyNRP: 5115100099
Kelas TK-AP
Tugas:
- Keran air https://scratch.mit.edu/projects/176920541/
Nama: Ahmad Burhanuddin Utomo
ReplyNRP: 5115100070
TKAP
Tugas: Keran air
https://scratch.mit.edu/projects/176794008/
Nama : Ariya Wildan Devanto
ReplyNRP : 5115100123
TKAP
Tugas : Keran Air
https://scratch.mit.edu/projects/176926529/
Nama : Muhammad Firza Gustama
ReplyNRP : 5115100170
Tugas : TKAP Keran Air
Link : https://scratch.mit.edu/projects/176953782/
Nama : Anandi Jaya S
ReplyNRP : 5114100096
Tugas : TKAP Keran Air
Link : https://scratch.mit.edu/projects/177167643/
Nama : Frieda Uswatun Hasanah
ReplyNRP : 5115100071
Tugas TKAP Keran Air
Link : https://scratch.mit.edu/projects/177223626/
Nama : Dwiyan Satria U
ReplyNRP : 5114100045
Tugas TKAP Keran Air
Link : https://scratch.mit.edu/projects/178080748/
Nama : Tomson
ReplyNRP : 5113100048
Tugas : TKAP Keran Air
Link : https://scratch.mit.edu/projects/194308124