Wednesday, September 13, 2017

TKAP-2-Problem Solving Bebras

Kemampuan memecahkan masalah (problem solving) merupakan kemampuan yang diperlukan baik untuk belajar, maupun dalam bekerja. Menurut laporan dari World Economic Forum, kemampuan yang paling diperlukan dalam dunia kerja di tahun 2020 adalah complex problem solving. Berkaitan dengan hal tersebut, ada tiga tantangan yang dihadapi di masa depan, yaitu ketidakpastian, globalisasi, dan persaingan ide. Pendidikan harus dapat menjawab ketiga tantangan tersebut dengan memperkuat konsep 4C dalam pendidikan, yaitu creativity, comunication skills, collaborative, and critical thingking for problem solving.

Dalam dunia pendidikan, berbagai model pembelajaran dicoba untuk diterapkan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan problem solving siswa. Kemampuan problem solving bisa juga diasah melalui kegiatan di luar sekolah (non kurikuler). Hampir semua aspek kehidupan sehari-hari diselesaikan dengan bantuan komputer. Oleh sebab itu, computational thinking menjadi salah satu elemen problem solving yang perlu diasah.

Bebras yang pertama kali digelar di Lithuania (www.bebras.org), merupakan aktivitas ekstra kurikuler yang mengedukasi kemampuan problem solving dalam informatika dengan jumlah peserta terbanyak di dunia. Siswa peserta akan mengikuti kompetisi bebras di bawah supervisi guru, yang dapat mengintegrasikan tantangan tersebut dalam aktivitas mengajar guru. Kompetisi ini dilakukan setiap tahun secara online melalui komputer.

Kompetisi Bebras didirikan di negara Lithuania oleh Prof. Valentina Dagiene dari University of Vilnius pada tahun 2004. Bebras adalah istilah dalam bahasa Lithuania untuk ?beaver? (dalam bahasa Indonesia adalah ?berang berang?). Bebras dipilih sebagai simbol tantangan (challenge), karena hewan beaver berusaha keras untuk mencapai target secara sempurna dalam aktivitasnya sehari ?hari. Mereka membuat bendungan dari ranting-ranting pohon di sungai atau aliran air dan membuat rumahnya sendiri. Kompetisi ini disebut Bebras untuk menunjukkan kerja keras dan kecerdasan diperlukan di dalam kehidupan.

Kompetisi Bebras dilaksanakan setiap tahun. Negara yang sudah berpartisipasi mengikuti Bebras ada 50 negara, belum termasuk Indonesia. Pada tahun 2015, jumlah peserta yang mengikuti Bebras mencapai 1,3 juta siswa dari berbagai belahan dunia. Indonesia akan mulai berpartisipasi pada tahun 2016.

Bebras task diberikan berdasarkan kelompok umur siswa, terdapat 5 kelompok umur. Kelompok Little Beavers untuk usia 8-10 tahun, kelompok Benjamins untuk usia 10-12 tahun, kelompok Cadets untuk usia 13-14 tahun, kelompok Juniors untuk usia 15-16 tahun, dan kelompok Seniors untuk usia 17-19 tahun.

Contoh – 1 

Kran Air
(Kelompok Usia: Benjamins; Tingkat Kesulitan: medium; Kategori: STRUC)

Beaver membuat sistem pipa untuk menyirami pohon apelnya.
Sistem pipa terdiri dari 4 kran, yaitu A,B,C, dan D. Digunakan ekspresi yang memakai variabel A, B, C, D, yang dapat bernilai true (benar) atau false (salah). Suatu variabel bernilai true, jika kran yang berhubungan terbuka, sebaliknya variabel bernilai false, jika kran tersebut tertutup.

Tentukan dalam kasus yang mana, pohon apel akan mendapat air ?

Pilihlah jawaban yang paling tepat :

  • A) A = false, B = true, C = false, D = false
  • B) A = true, B = true, C = false, D = false
  • C) A = true, B = false, C = false, D = true
  • D) A = false, B = false, C = false, D = true
Jawaban yang paling tepat adalah A, penjelasannya sebagai berikut.


  • A: Jika B terbuka dan A tertutup, maka air dapat mengalir menyirami pohon.
  • B: Jika A terbuka, maka air yang mengalir melalui B akan dialirkan melalui A, sehingga tidak menyirami pohon.
  • C: Jika B tertutup, maka tidak ada air yang berasal dari sumber di sebelah kiri. Karena C juga tertutup, air dari sumber di sebelah kanan tidak dapat mengalir.
  • D: Jika B tertutup, maka tidak ada air yang berasal dari sumber di sebelah kiri. Karena C juga tertutup, air dari sumber di sebelah kanan tidak dapat mengalir

Aspek informatika yang hendak disampaikan dalam persoalan ini adalah bahwa program komputer memproses struktur data yang memodelkan kondisi sebenarnya. Model adalah suatu abstraksi, yaitu gambaran persoalan nyata yang disederhanakan. Dalam persoalan kran air, kran dimodelkan sebagai variabel yang dapat bernilai true (kran terbuka) atau false (kran tertutup). Ini suatu contoh abstraksi, dalam hal ini sifat-sifat lain dari suatu kran air diabaikan dahulu untuk menyederhanakan persoalan.

Contoh - 2

Pertemanan
(Kelompok usia : Juniors; Tingkat kesulitan: medium; Kategori: STRUC, SOC)

Lucia dan teman-temannya terdaftar dalam suatu jaringan sosial, seperti dalam gambar berikut ini. Suatu garis menunjukkan hubungan pertemanan antara dua orang. 
Misalnya Monica adalah teman Lucia sedangkan Alex bukan teman Lucia.

Aturan yang berlaku :
  • Jika seseorang berbagi foto dengan beberapa temannya, maka teman-temannya tersebut dapat memberikan komentar.
  • Jika seseorang memberikan komentar untuk suatu foto, maka semua temannya dapat melihat foto dan komentarnya, tetapi tidak dapat memberikan komentar kecuali jika pada awalnya bisa.

Lucia meng-upload suatu foto. Dengan siapa saja dia dapat berbagi foto, jika dia tidak mau fotonya dilihat oleh Jacob ?

Pilihlah jawaban yang paling tepat :
  • A) Dana, Michael, Eve
  • B) Dana, Eve, Monica
  • C) Michael, Eve, Jacob
  • D) Micheal, Peter, Monica

Jawaban yang benar adalah A.

Penjelasannya, Lucia mempunyai 6 teman, yaitu Dana, Michael, Monica, Eve, Peter, dan Jacob. Dari keenam orang tersebut, yang tidak berteman dengan Jacob adalah Dana, Michael dan Eve. Aturannya adalah jika X memberi komentar untuk sebuah foto, maka semua teman X dapat melihat foto dan komentarnya. Jadi karena Dana, Michael dan Eve tidak berteman dengan Jacob, maka Jacob tidak bisa melihat foto tersebut.

Salah satu aspek informatika yang hendak disampaikan melalui soal ini adalah mengenai struktur. Struktur yang digunakan untuk menggambarkan relasi pertemanan dari Lucia menggunakan bentuk yang disebut graf. Graf merupakan sarana dalam informatika untuk menggambarkan jaringan sosial. Graf sederhana terdiri dari node (menyatakan orang) dan garis (menyatakan relasi teman).

Referensi :

  • http://www.bebras.uk/programming.html
  • http://www.scratchmypi.co.uk/sorting-algorithms-in-key-stage-2/#
  • https://www.youtube.com/watch?v=T9ddJNm_gX8
  • https://scratch.mit.edu/projects/89122691/
  • https://scratch.mit.edu/studios/880696/
  • https://edu.google.com/resources/programs/exploring-computational-thinking/
  • http://interactivepython.org/runestone/static/pythonds/index.html
  • https://projecteuler.net/archives
  • http://www.cs.uni.edu/~schafer/outreach/cs4hs/
  • https://www.youtube.com/watch?v=1jWfG_0J-qU&index=11&list=PL99XwQ3slYF1Azru0Ppe6bDvC59-3GoQs
  • https://www.youtube.com/watch?v=S_eOTuRICQk
  • https://www.youtube.com/watch?v=T9ddJNm_gX8
  • https://www.youtube.com/watch?v=nbbfz-xXSOc

45 comments:

  1. Nama: William Budi J
    NRP: 5115100063
    Kelas: TKAP
    Judul: Tugas membuat program menggunakan scratch.io
    Link: https://scratch.mit.edu/projects/175719177/
    https://scratch.mit.edu/projects/175723640/

    ReplyDelete
  2. Nama: Bramastya Dewa I
    NRP: 5115100130
    Kelas: TKAP
    Judul: Tugas membuat program menggunakan scratch.mit.edu
    Link: https://scratch.mit.edu/projects/175725996/
    https://scratch.mit.edu/projects/175725756/

    ReplyDelete
  3. Nama: Yustian
    NRP: 5115100058
    Kelas: TKAP
    Judul: Tugas membuat program di scratch.mit.edu berdasarkan problem yang diberikan
    Link:
    https://scratch.mit.edu/projects/175723363/
    https://scratch.mit.edu/projects/175730295/

    ReplyDelete
  4. Nama: Rozana Firdausi
    NRP: 5115100701
    Kelas: TKAP
    Judul: Tugas membuat program menggunakan scratch.mit.edu
    Link:
    -Kran Air : https://scratch.mit.edu/projects/175526586/
    -Pertemanan : https://scratch.mit.edu/projects/175734734/

    ReplyDelete
  5. Nama: Alek Nur Fatman
    NRP: 5114100018
    Kelas: TKAP
    Judul: Tugas membuat program di scratch.mit.edu berdasarkan problem yang diberikan
    Link: https://scratch.mit.edu/projects/175753925/

    ReplyDelete
  6. Nama: Damai Marisa Bachri
    NRP: 5115100001
    Kelas: TKAP
    Judul: membuat visualisasi dari salah satu algoritma bebras yaitu pipa air pada scratch.mit.edu
    Link: https://scratch.mit.edu/projects/175766315/

    ReplyDelete
  7. Nama : Sultan Bonar Martinus
    NRP : 5114100006
    Kelas : TKAP
    Tugas 1 _ Problem Bebras
    Link:
    1. Keran Air: https://scratch.mit.edu/projects/175780544/
    2. Share ke Teman : https://scratch.mit.edu/projects/175780831/

    ReplyDelete
  8. Nama: Sabila Malahati Arnindya
    NRP: 5114100034
    Kelas: TKAP
    Judul: Membuat visualisasi pipa air pada scratch.mit.edu
    Link: https://scratch.mit.edu/projects/175522752/

    ReplyDelete
  9. Nama : Cynthia Dewi Tejakusuma
    NRP : 5115100074
    Kelas : TKAP
    Tugas : Membuat visualisasi salah satu algoritma bebras yaitu pertemanan pada scratch.mit.edu
    Link : https://scratch.mit.edu/projects/175767913/

    ReplyDelete
  10. Nama : Steven Candra
    NRP: 5115100068
    Kelas : TKAP
    Judul : Membuat visualisasi pada Scratch terhadap problem Bebras (Keran air)
    Link: https://scratch.mit.edu/projects/175771867/

    ReplyDelete
  11. Nama : M. Azka Yasin
    NRP : 5115100038
    Kelas : TKAP
    Tugas : Membuat visualisasi salah satu algoritma pertemanan pada scratch.mit.edu
    Link : https://scratch.mit.edu/projects/175801071/

    ReplyDelete
  12. Nama : Vincentius
    NRP: 5115100159
    Kelas : TKAP
    Judul : Membuat visualisasi menggunakan Scratch terhadap contoh problem kran air
    Link: https://scratch.mit.edu/projects/175790357/

    ReplyDelete
  13. Nama : Dicky Kaisar Utomo
    NRP: 5115100077
    Kelas : TKAP
    Judul : Membuat visualisasi pada Scratch terhadap problem Bebras (Keran air) pada scratch.mit.edu
    Link: https://scratch.mit.edu/projects/175812703/

    ReplyDelete

  14. Nama: Achmad Ibnu Malik A.
    NRP: 5115100175
    Kelas: TKAP A
    Judul: Tugas membuat program menggunakan scratch.mit.edu
    Link:
    -Kran Air : https://scratch.mit.edu/projects/175729683/
    -Pertemanan : https://scratch.mit.edu/projects/175800986/

    ReplyDelete
  15. Nama: Satriyo Nugroho
    NRP: 5115100034
    Kelas: TKAP
    Judul: Tugas membuat program di scratch.mit.edu berdasarkan contoh problem Kran air
    Link: https://scratch.mit.edu/projects/175774245/

    ReplyDelete
  16. Nama : Hidayatul Munawaroh
    NRP : 5115100054
    Kelas: TKAP
    Judul: tugas membuat implementasi problem pertemanan menggunakan scratch.mit.edu
    Link : https://scratch.mit.edu/projects/175837790/

    ReplyDelete
  17. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  18. Nama : William Albertus Dembo
    NRP  : 5115100075
    Kelas : TKAP
    Judul : Membuat problem bebras keran air dengan scratch
    Link   : Klik disini

    ReplyDelete
  19. Nama : Paul Aldy
    NRP: 5114100072
    Kelas : TKAP
    Judul : Membuat visualisasi terhadap contoh problem kran air
    Link: https://scratch.mit.edu/projects/175808711/

    ReplyDelete
  20. Nama : Pramudito Hapriarso
    NRP : 5114100035
    Kelas : TKAP
    Judul : Visualisasi berdasarkan problem Kran Air
    Link: https://scratch.mit.edu/projects/175859195/

    ReplyDelete
  21. Nama : Brama Diwangkara
    NRP : 5115100150
    Kelas : TKAP
    Judul : Membuat implementasi visual dari problem pertemanan di scratch.mit.edu
    Link : https://scratch.mit.edu/projects/175896459/

    ReplyDelete
  22. Nama : Evan Bangun
    NRP : 5114100169
    Kelas : TKAP
    Judul : Visualisasi Problem Kran Air
    Link: https://scratch.mit.edu/projects/175922503/

    ReplyDelete
  23. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  24. Nama : Rani Aulia H
    NRP : 5114100044
    Kelas : TKAP
    Judul : Visualisasi Problem Kran Air pada scretch.mit.edu
    Link: https://scratch.mit.edu/projects/175934520/

    ReplyDelete
  25. Nama : Rangga Senatama Putra
    NRP : 5115100076
    Kelas : TKAP
    Judul : Visualisasi Problem Kran Air pada scretch.mit.edu
    Link: https://scratch.mit.edu/projects/175928684/

    ReplyDelete
  26. Nama : Saddhana Arta Daniswara
    NRP : 5114100191
    Kelas : TKAP
    Judul : Problem keran air
    Link: https://scratch.mit.edu/projects/175950785/

    ReplyDelete
  27. Nama : Desy Nurbaiti Rahmi
    NRP : 5114100030
    Kelas : TKAP
    Tugas : Visualisasi pengiriman foto kepada beberapa teman.
    Link : https://scratch.mit.edu/projects/176006804/

    ReplyDelete
  28. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  29. Nama: Reinardus Wandya K
    NRP 5115100091
    Kelas: TKAP
    Tugas: Visualisasi problem solving bebras
    1. Keran air
    2. pertemanan

    ReplyDelete
  30. Nama : Raras Anggita
    NRP : 5114100046
    Kelas : TKAP
    Tugas : Visualisasi Problem Kran Air
    Link : https://scratch.mit.edu/projects/175615136/

    ReplyDelete
  31. Nama : Ananda Ricky
    NRP : 5114100056
    Kelas : TKAP
    Tugas : Visualisasi air mengalir pada problem bebres
    Link : https://scratch.mit.edu/projects/176193043/

    ReplyDelete
  32. Nama : Lucas Susanto
    NRP : 5115100134
    Kelas : TKAP
    Tugas : Pertemanan
    Link : https://scratch.mit.edu/projects/176227927/

    ReplyDelete
  33. Nama : Jordy Adhityo P
    NRP : 5111100101
    Kelas : TKAP
    Tugas : Visualisasi air mengalir
    Link : https://scratch.mit.edu/projects/176270561/

    ReplyDelete
  34. Nama : Tiara Anggita
    NRP : 5114100176
    Kelas : TKAP
    Tugas : Pertemanan
    Link : https://scratch.mit.edu/projects/176292801/

    ReplyDelete
  35. Nama : Findryan KP
    NRP : 5115100035
    Kelas TKAP
    Tugas : Kran Air
    Link : https://scratch.mit.edu/projects/176457790/

    ReplyDelete
  36. Nama: Brian Rainer Suryaputra
    NRP: 5115100061
    Kelas TKAP
    Tugas:
    1. Water Tap https://scratch.mit.edu/projects/176466064/
    2. Friends https://scratch.mit.edu/projects/176757024/

    ReplyDelete
  37. Nama: Rahmatin Nadia
    NRP: 5114100130
    Kelas TKAP
    Tugas:

    Friends https://scratch.mit.edu/projects/176910362/

    ReplyDelete
  38. Nama: Muhammad Fajri Salam
    NRP: 5115100099
    Kelas TK-AP

    Tugas:
    - Keran air https://scratch.mit.edu/projects/176920541/

    ReplyDelete
  39. Nama: Ahmad Burhanuddin Utomo
    NRP: 5115100070
    TKAP

    Tugas: Keran air
    https://scratch.mit.edu/projects/176794008/

    ReplyDelete
  40. Nama : Ariya Wildan Devanto
    NRP : 5115100123
    TKAP

    Tugas : Keran Air
    https://scratch.mit.edu/projects/176926529/

    ReplyDelete
  41. Nama : Muhammad Firza Gustama
    NRP : 5115100170

    Tugas : TKAP Keran Air
    Link : https://scratch.mit.edu/projects/176953782/

    ReplyDelete
  42. Nama : Anandi Jaya S
    NRP : 5114100096

    Tugas : TKAP Keran Air
    Link : https://scratch.mit.edu/projects/177167643/

    ReplyDelete
  43. Nama : Frieda Uswatun Hasanah
    NRP : 5115100071

    Tugas TKAP Keran Air
    Link : https://scratch.mit.edu/projects/177223626/

    ReplyDelete
  44. Nama : Dwiyan Satria U
    NRP : 5114100045
    Tugas TKAP Keran Air
    Link : https://scratch.mit.edu/projects/178080748/

    ReplyDelete
  45. Nama : Tomson
    NRP : 5113100048
    Tugas : TKAP Keran Air
    Link : https://scratch.mit.edu/projects/194308124

    ReplyDelete